Kompas.com - 14/10/2021, 07:00 WIB
Peta Mangrove Nasional (PMN) 2021 diharapkan menjadi basis data untuk percepatan rehabilitasi mangrove Indonesia Dok. Kemenko Marves dan KLHKPeta Mangrove Nasional (PMN) 2021 diharapkan menjadi basis data untuk percepatan rehabilitasi mangrove Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Peta Mangrove Nasional (PMN) 2021 telah diluncurkan. Harapannya bisa menjadi data besar untuk mempercepat upaya rehabilitasi mangrove di Indonesia.

Adapun PMN 2021 merupakan hasil pemutakhiran penyusunan peta yang telah dilaksanakan sejak 2013.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melibatkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang tergabung dalam Kelompok Kerja Rehabilitasi Mangrove.

Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen PDASRH Nomor SK.6/PDASHL/SET/DAS.1/2/2021 tentang Kelompok Kerja Rehabilitasi Mangrove.

Baca juga: Jokowi Minta Model Rehabilitasi Mangrove Bali Ditiru Daerah Lain

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, one map mangrove ini penting sebagai basis data aksi rehabilitasi mangrove.

Menyusul target rehabilitasi manrove seluas 600.000 hektar hingga 2024 yang disampaikan  Presiden Jokowi.

"One map mangrove ini juga diharapkan mampu menghasilkan informasi geo-spasial secara akurat dan akuntabel," katanya dalam keterangan pers, Rabu (13/10/2021).

Menurut dia, pengelolaan mangrove perlu dilaksanakan secara terintegrasi dengan perencanaan yang baik.

"Kami harap setelah launching ini pemeliharaan, rehabilitasi, konservasi, pemeliharaan dan perawatan ekosistem mangrove harus dipercepat agar target dapat tercapai," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menambahkan, instansinya merupakan penanggung jawab dalam penyusunan PMN 2021.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.