Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adhi Commuter Properti Gandeng China Railway, Rampungkan 5 Proyek TOD

Kompas.com - 14/10/2021, 06:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Commuter Properti (ADCP) menjalin kerja sama dengan China Railway 20 Bureau Group Corporation (CR20G) untuk mendukung penyelesaian sejumlah proyek hunian TOD yang sedang dikerjakan.

China Railway 20 Bureau Group Corporation merupakan perusahaan jasa konstruksi infrastruktur, konsultan teknik dan desain, real estat, jasa investasi, manufaktur, peralatan.

Kemudian, membangun kereta api, jalan raya, jembatan, terowongan, stasiun kereta bawah tanah, jalan raya, dan proyek terkait.

Kedua pihak telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman. Sebagai dasar untuk melaksanakan seluruh kegiatan dan tahapan persiapan yang diperlukan.

Baca juga: Adhi Commuter Properti Akan Bangun Tiga Proyek Baru Berkonsep TOD

Setelah itu, menentukan skema serta menandatangani perjanjian kerja sama yang lebih definitif (Perjanjian Definitif).

Direktur Utama ADCP Rizkan Firman mengatakan ke depan CR20G akan menjadi partner kerja sama pengembangan lahan yang ada di LRT City Tebet, LRT City Cikunir, LRT City Bekasi-Green Avenue, Adhi City Sentul, dan LRT City Cibubur.

"Ini salah satu upaya ADCP untuk membuktikan komitmen kami menyelesaikan proyek sesuai target dan tepat waktu," katanya dalam keterangan pers, Rabu (13/10/2021).

Corporate Secretary PT Adhi Commuter Properti (ADCP) Adi Sampurno menambahkan, sebagai salah satu pengembang hunian terintegrasi dengan transportasi massal, pihaknya tengah mengembangkan proyek hunian berkonsep TOD dengan harga terjangkau untuk milenial.

Saat ini ada 11 proyek hunian TOD dari ADCP yang sedang berjalan, 7 di antaranya berada di titik stasiun LRT Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek).

Proyek tersebut antara lain LRT City Bekasi–Eastern Green, LRT City Bekasi–Green Avenue, LRT City Jatibening, LRT City MTH, LRT City Tebet, LRT City Ciracas, LRT City Cibubur, LRT City Sentul.

Kemudian Adhi City Sentul, Grand Central Bogor-Member of LRT City, Cisauk Point-Member of LRT City, Oase Park-Member of LRT City.

ADCP mendapatkan keuntungan dari pembukaan komersial penuh LRT Jabodebek, yang menurut pemerintah akan dibuka pada Juni 2022, yakni Cibubur–Cawang, Cawang–Dukuh Atas, Cawang–Bekasi Timur.

"Konsep TOD memberikan keuntungan, karena merupakan bentuk strategi perencanaan dan desain untuk mencapai pembangunan perkotaan yang padu," ujar Adi.

Secara umum, TOD adalah pengembangan properti seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, perumahan, hotel yang terkoneksi secara langsung, atau dalam jarak nyaman berjalan kaki maupun bersepeda, dengan stasiun transportasi publik massal, seperti kereta api, LRT dan MRT.

"Melalui konsep hunian terintegrasi dengan transportasi massal, kami optimistis properti yang kami kembangkan akan diminati," tukasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com