Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Fasad Gedung Panjang Taman Ismail Marzuki Mirip Not Balok Lagu

Kompas.com - 12/10/2021, 17:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bangunan perpustakaan dan wisma seni berjuluk Gedung Panjang di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Utara, memiliki desain unik.

Desain Gedung Panjang terinspirasi dari salah satu lagu karya Ismail Marzuki yang diwujudkan mirip not balok lagu pada fasad nya.

Melansir laman Jakpro, bangunan baru ini diarsiteki Andra Matin. Desainnya merupakan bentuk penggambaran dari lagu ciptaan Ismail Marzuki yang berjudul "Rayuan Pulau Kelapa".

Bahkan mengambil beberapa bait lirik lagu tersebut, yakni “Tanah airku Indonesia. Negeri elok amat kucinta. Tanah tumpah darahku yang mulia, yang kupuja sepanjang masa. Tanah airku aman dan makmur, pulau kelapa yang amat subur".

Baca juga: Ternyata, Wajah Baru Taman Ismail Marzuki Terinspirasi Lirik Lagu Rayuan Pulau Kelapa

Menurut Andra, lirik tersebut mengandung makna bahwa bangsa Indonesia harus mencintai negaranya. Dan, konsep ini dirasa paling cocok pada bangunan Gedung Panjang TIM.

"Inspirasinya dari lagu ciptaan Ismail Marzuki, ditransfer ke bentuk tinggi rendah not balok. Tiga not digabung jadi satu fasad. Fasadnya disusun secara acak," kata Andra.

Sebagai deskripsi, bangunan yang dikenal sebagai Gedung Panjang itu terlihat memanjang di lahan yang dulu jadi pusat kuliner TIM.

Bagian gedung 14 lantai itu terlihat berundak-undak dari kejauhan, tidak rata seperti bangunan tinggi konvensional.

Terdapat pula elemen motif tumpal dari batik Betawi pada bangunan. Selain sebagai estetika, hal itu juga bertujan untuk mereduksi sinar matahari ke area perpustakaan, sehingga menjadi lebih sejuk.

Baca juga: Wajah Baru Taman Ismail Marzuki, Bakal Creative Hub Jakarta

Fasilitas di Gedung Panjang terdiri dari Galeri Seni, Perpustakaan Umum, Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Kantor Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), Ruang Diskusi Komite Seni dan Wisma Seni.

Perlu diketahui, Gedung Panjang TIM masih dalam proses revitalisasi. Terbagi dalam tahap satu dan tahap dua. Keduanya juga sedang berjalan.

Wajah baru TIM memang sengaja digagas sebagai pusat wisata edukasi kesenian dan kebudayaan terbaik. Salah satunya pada bangunan Gedung Panjang.

Dengan berbagai keunggulan dan mengusung konsep mixed-use building, TIM akan menjadi Urban Art Center dan Creative Hub di Kota Jakarta dan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com