Dinilai Banyak Membina Petani dan Nelayan, Musa Rajekshah Terima Penghargaan

Kompas.com - 28/09/2021, 10:00 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menerima penghargaan Lencana Adhi Bhakti Tani Nelayan dari Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) di kantor Kementerian Pertanian.

Musa dinilai banyak membantu dan membina petani dan nelayan di Provinsi Sumut.

Dia menyambut baik penghargaan dan meminta pemerintah bisa punya andil lebih memberikan pembinaan agar pertanian di Sumut bisa lebih berkembang.

"Kita berharap, petani dan nelayan tidak lagi berproduksi hanya sebatas untuk hidup, tapi agar ekonominya bisa membaik. Terutama terkait pasar dan harga hasil pertanian yang kestabilannya tidak merata," Musa dalam pesan singkat yang diterima Kompas.com, Senin (27/9/2021).

Baca juga: Wagub Sumut Minta Sterilisasi Bandara Silangit dari Makanan Berbahaya

Sekretaris KTNA Sumut Ginda Harahap menyebutkan, pihaknya mengusulkan Musa sebagai penerima penghargaan karena selama ini banyak pembinaan yang dilakukan di Provinsi Sumut.

"Sudah banyak yang terealisasi untuk menyejahterakan petani, mudah-mudahan kedepan bisa lebih bagus lagi," katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pertanian Prof Dedi Nursyamsi dalam sambutannya menyampaikan, di masa Covid-19, sektor pertanian tetap berdiri di saat pendapatan domestik bruto (PDB) sektor lain terpuruk.

Bahkan, sektor pertanian mengalami pertumbuhan positif sebesar 16,24 persen di kuartal kedua 2020, awal pandemi berlangsung.

"Alhamdulillah, pada kuartal berikutnya, meskipun sektor-sektor lain pertumbuhannya sampai negatif 40 persen, sektor pertanian masih tetap tumbuh menggeliat 2 sampai 3 persen," ujarnya.

Saat perekonomian nasional sudah mengalami dua kali kontraksi berupa pertumbuhan negatif di bawah 0 persen selama dua kali berturut-turut.

Baca juga: Cerita Wagub Sumut: Ayah Saya Ingin Bangun 99 Masjid

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.