Kompas.com - 20/09/2021, 19:20 WIB
Pengembang properti asal China, Evergrande Group Straits TimesPengembang properti asal China, Evergrande Group

JAKARTA, KOMPAS.com - Saham raksasa properti China, Evergrande Group, merosot tajam pada Senin (20/9/2021). Ini merupakan posisi terendah mereka dalam 11 tahun terakhir. 

Merosotnya nilai saham ini lantaran sentimen negatif akibat kerugian perusahaan yang berulang dan tengat waktu pembayarab obligasi minggu ini. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Reuters melaporkan, perusahaan tengah berusaha mengumpulkan dana untuk  membayar utang pada pemberi pinjaman, pemasok dan investor.

Otoritas setempat bahkan memperingatkan bahwa tertundanya kewajiban membayar obligasi sebesar 305 miliar Dolar AS (Rp 4.346 triliun) dapat memicu ketidakstabilan sistem keuangan negara. 

Pada penutupan pasar, saham Evergrade turun 10,2 persen di angka 2,28 Dolar Hongkong (Rp 4.171,2). Ini terjadi setelah harga saham anjlok 19 persen ke level terlemah sejak Mei 2010.

Baca juga: Raksasa Properti Evergrande Terlilit Utang, Ini Sektor yang Terkena Getahnya

Unit manajemen properti perusahaan turun 11,3 persen. Sedangkan unit mobil listrik  turun 2,7 persen. Sementara saham perusahaan streaming film Hengten Net, yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Evergrande, anjlok 9,5 persen

"Saham Evergrande akan terus turun karena belum ada solusi yang bisa membantu perusahaan untuk mengurangi tekanan likuiditasnya.Msih banyak ketidakpastian tentang nasib perusahaan jika terjadi restrukturisasi," kata Direktur pelaksana Departemen Manajemen Aset di Canfield Securities Limited, Kington Lin.

Kington mengatakan harga saham Evergrande bisa jatuh di bawah 1 dolar Hongkong atau setara Rp 1.829 jika perusahaan terpaksa menjual sebagian besar asetnya dalam restrukturisasi.

Salah satu pemberi pinjaman utama Evergrande telah menagih utang mereka. Sementara beberapa bank yang memberi kredit berencana untuk memberikan perusahaan ini lebih banyak waktu untuk membayar. 

Baca juga: Punya Utang Segunung, China Evergrande Disatroni Puluhan Investor

Evergrande sendiri diketahui telah mulai membayar investor dengan memberikan dikson real estate bagi mereka yang berminat. 

Halaman:


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.