Rusun Pasar Rumput, Dibangun Pemerintah Pusat, Dikelola Pemprov DKI Jakarta

Kompas.com - 20/09/2021, 19:00 WIB
Petugas berjalan di depan ambulans di Rusun Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Minggu (18/7/2021). Pemerintah mulai mengoperasikan tower satu dengan kapasitas 553 kamar yang mampu merawat 1.659 pasien terpapar COVID-19 tanpa gejala dan bergejala ringan. ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYATPetugas berjalan di depan ambulans di Rusun Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Minggu (18/7/2021). Pemerintah mulai mengoperasikan tower satu dengan kapasitas 553 kamar yang mampu merawat 1.659 pasien terpapar COVID-19 tanpa gejala dan bergejala ringan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput di Jakarta Selatan akan dikelola oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Nanti, Pemprov DKI yang mengelola," tegas Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid kepada Kompas.com, Senin (20/09/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agar bisa dikelola, Kementerian PUPR nantinya akan menghibahkan Rusun Pasar Rumput beserta kios dan fasilitas yang ada di dalamnya kepada Pemprov DKI Jakarta.

Khalawi menjelaskan, Rusun Pasar Rumput ini bukan menjadi rumah milik, melainkan disewakan.

Saat ini, Rusun Pasar Rumput sudah bisa difungsikan karena telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (20/09/2021).

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Rusun Pasar Rumput beserta kios dan fasilitas Pasar Rumput Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta," tutur Jokowi.

Pembangunan Rusun Pasar Rumput memakan waktu tiga tahun atau tepatnya sejak 2016 hingga tuntas 2019.

Baca juga: Ini Keistimewaan Rusun Pasar Rumput yang Diresmikan Jokowi, Fasilitasnya Lengkap

Termasuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN), rusun ini mencakup tiga tower yang masing-masing terdiri atas 25 lantai.

Rusun ini menjadi istimewa karena dibangun berdasarkan konsep mixed-use development (pengembangan terintegrasi).

Untuk lantai 1 dan 2 diperuntukkan bagi kegiatan komersial berbentuk pasar. Rinciannya, lantai 1 sebanyak 318 kios dan 350 los.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.