Kompas.com - 20/09/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi furnitur. PIXABAY/FREE-PHOTOSIlustrasi furnitur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri furnitur Indonesia mulai menunjukkan tren pertumbuhan meski kondisi pandemi Covid-19 belum usai. Hal ini sekaligus menunjukkan industri furnitur memiliki tingkat ketahanan yang tinggi.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pertumbuhan industri furnitur pada Kuartal I-2020 mengalami kontraksi sebesar 7,28 persen. Sementara pada Kuartal I-2021 mulai bangkit sebesar 8,04 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dia, salah satu faktor yang memengaruhi pertumbuhan ini yaitu perubahan belanja rumah tangga dari hiburan, pariwisata, dan transportasi ke sektor lain seperti kebutuhan menata rumah.

"Aktivitas belanja online selama pandemi juga mendukung peningkatan penjualan furnitur, ekspor maupun pasar dalam negeri," katanya dalam pembukaan IFEX Virtual Showroom, Senin (20/9/2021).

Baca juga: Produk Furnitur Indonesia Raup Rp 2,6 Miliar di Milan

Hal ini terlihat dari kinerja ekspor tahun 2020 untuk produk furnitur seri HS 9401-9403 yang membaik dengan nilai 1,91 miliar dollar AS atau sekitar Rp 27,2 triliun.

Angka ini meningkat 7,6 persen dari tahun 2019 yaitu senilai 1,77 miliar dollar AS atau sekitar Rp 25,2 triliun.

Negara tujuan ekspor terbesar furnitur Indonesia tahun lalu yakni Amerika Serikat (AS), Jepang, Belanda, Belgia, dan Jerman.

"Daya beli pasar terhadap produk furnitur dan kerajinan yang masih tinggi ini perlu untuk terus kita respon dengan penyediaan akses alternatif promosi produk, salah satunya melalui pameran IFEX Virtual Showroom," ujar Agus.

Agus menyampaikan, peluang pasar furnitur dan kerajinan yang terus tumbuh harus didukung dengan penyediaan faktor-faktor produksi utama yaitu bahan baku, modal, dan tenaga kerja.

"Apalagi bahan baku industri furnitur dan kerajinan di Indonesia bisa dibilang cukup melimpah. Terutama berasal dari hutan produksi yang memiliki luas 68,8 juta hektar," imbuhnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.