[POPULER PROPERTI] Ini Daerah dengan Penurunan Muka Tanah Paling Tajam

Kompas.com - 17/09/2021, 10:30 WIB
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi meninjau kondisi tanggul dan pompa air di Kecamatan Wonokerto. Kompas.com/Ari HimawanBupati Pekalongan Asip Kholbihi meninjau kondisi tanggul dan pompa air di Kecamatan Wonokerto.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan Jakarta, melainkan Kota Pekalongan yang mengalami penurunan muka tanah (land subsidence) berkisar 2,1-11 sentimeter per tahun.

Ini artinya, wilayah tersebut mengalami penurunan muka tanah yang paling tajam ketimbang daerah lainnya di Pantai Utara (Pantura) Jawa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kota Pekalongan ini cukup paling besar (turun muka tanahnya) berkisar 2,1 sampai 11 cm per tahun," ujar Peneliti Ahli Utama Bidang Teknologi Penginderaan Jauh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Rokhis Khomarudin dalam webinar, Kamis (16/09/2021).

Artikel tersebut menjadi berita terpopuler di kanal Properti Kompas.com edisi Jumat (17/09/2021).

Lantas, bagaimana dengan daerah lainnya yang masih berada di wilayah Pantura Jawa?

Informasi selengkapnya bisa Anda dapatkan melalui tautan ini Muka Tanah Pekalongan Turun Paling Tajam, hingga 11 Cm Per Tahun

Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan dilaksanakan uji coba pada November 2022 mendatang.

Hingga kini, progres konstruksi proyek tersebut mencapai 78,65 persen.

General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Mirza Soraya mengungkapkan hal ini kepada Kompas.com, Kamis (16/09/2021).

"Beragam upaya untuk percepatan pembangunan terus dilakukan seperti pengerjaan di 234 titik konstruksi secara bersamaan," kata Mirza.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.