Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangkas Biaya Logistik di KEK Gresik JIIPE, Pengelola Terapkan Cara Ini

Kompas.com - 17/09/2021, 09:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik JIIPE di Jawa Timur adalah soal tingginya biaya logistik.

Tingginya biaya logistik ini kerap menjadi penghambat bagi para investor untuk berinvestasi di sebuah tempat. Terlebih Indonesia merupakan negara kepulauan.

Dalam acara Kompas Talk dengan tema “Peran & Tantangan KEK Mendorong Ekspor,” Kamis, (16/9/2021), Presiden Direktur PT AKR Corporindo Haryanto Adikoesomo mengatakan beberapa cara telah dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Sebagai informasi, KEK Gresik JIIPE dikembangkan oleh PT Berlian Manyar Sejahtera (BMS) yang merupakan join venture antara PT AKR Corporindo Tbk. dan PT Pelindo III (Persero).

Baca juga: Hanya Empat dari 15 Kawasan Ekonomi Khusus yang Dinilai Optimal

Menurut Haryanto, pengelola ingin menjawab tantangan bagaimana menjadikan Indonesia sebagai industrial power house di dunia. Karena itu, masalah tingginya biaya logistik harus dipangkas.

“Untuk atasi biaya logistik yang tinggi, kami mendirikan JIIPE yang terintegrasi dengan pelabuhan laut. Lokasi JIIPE Gresik berada di mulut Selat Madura sehingga kami bisa mendapatkan pelabuhan alam laut dalam dengan biaya yang kompetitif,” ujar Haryanto.

Untuk melayani kebutuhan perdagangan laut dunia maka diperlukan shipping yang memadai. Dengan terintegrasinya kawasan JIIPE dengan pelabuhan bisa menurunkan biaya ekspor dan impor.

“Kami juga telah terhubung dengan jalan tol antara Surabaya dan Gresik maupun jalan tol ke Bandara Internasional Juanda sehingga untuk distribusi dalam negeri pun bisa dilakukan dengan efisien,” papar Haryanto.

Opsi ketiga yang dilakukan adalah menjalin kerjasama dengan pemerintah dan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) untuk alternatif jalur kereta api.

Baca juga: KEK Gresik Diharapkan Jadi Lokomotif Perbaikan Ekonomi Indonesia

“Bersama dengan pemerintah dan PT KAI, kamu sedang mempelajari untuk menyambung rel kereta api dari JIIPE ke Dudu Sampaean atau dengan pelabuhan Tanjung Perak Surabaya,” tegasnya.

Dengan tiga moda transportasi yakni keratea api, pelabuhan laut dalam maupun jalan tol maka biaya logistik bisa diturunkan

Terlebih ada dukungan dari Bandara Juanda yang merupakan bandara internasional sehingga bisa menurunkan biaya logistik bila memerlukan pengiriman lewat udara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com