Empat Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung Dibuat Ikonik dengan Sejumlah Fasilitas

Kompas.com - 17/09/2021, 08:00 WIB
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menuntaskan salah satu pekerjaan struktur layang atau elevated Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). KCICPT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menuntaskan salah satu pekerjaan struktur layang atau elevated Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) telah mencapai 78,65 persen.

KCJB yang dibangun sepanjang 142,3 kilometer akan memiliki empat stasiun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keempat stasiun tersebut yaitu Stasiun Halim di Jakarta, Stasiun Karawang, Stasiun Hub di Padalarang, dan Stasiun Tegalluar, Bandung.

General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Mirza Soraya mengatakan, stasiun KCJB akan dibangun secara ikonik dengan mengadaptasi gaya modern-kultural.

"Stasiun pemberhentian KCJB akan dirancang dengan perpaduan modern-kultural dengan fasilitas yang dapat membuat pengunjung betah berlama-lama," kata Mirza kepada Kompas.com, Jumat (16/09/2021).

Baca juga: Progres 78,65 Persen, Kereta Cepat Jakarta Bandung Diuji Coba November 2022

Mirza mencontohkan Stasiun Halim yang merupakan stasiun awal KCJB akan dibangun dengan mengimplementasikan material modern seperti alumunium panel dengan material alami seperti kayu dan bambu untuk menciptakan suasana khas ragam seni Indonesia.

"Untuk Stasiun Halim itu akan dibangun dua lantai dengan menggabungkan material modern seperti panel dan kayu," ujarnya.

Stasiun Halim juga dilengkapi sejumlah fasilitas seperti sistem ticketing cashless, area VIP, area khusus disabilitas, area komersil, lounge, concierge, dan area parkir yang terintegrasi.

"Pembelian tiket nantinya dapat dilakukan melalui Ticket Vending Machine (TVM)," ucapnya.

Selanjutnya, Stasiun Tegalluar yang merupakan pemberhentian akhir KCJB juga akan didesain dengan konsep serupa. Bedanya, interior stasiun dirancang dengan menampilkan khas Tatar Sunda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.