Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surya Siap Dukung Pemprov Jambi Tingkatkan Kesejahteraan Suku Anak Dalam

Kompas.com - 15/06/2021, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra meminta usulan major project dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi bisa memperhatikan kesejahteraan Suku Anak Dalam (SAD).

Hal ini dia ungkapkan dalam rangka koordinasi rencana usulan major project di wilayah tersebut.

"Harapannya, kami bisa sama-sama mendukung dan memastikan major project bergerak tapi pada saat yang sama juga melindungi saudara-saudara SAD di Provinsi Jambi walaupun sangat (SAD) sedikit tapi bagaimanapun mereka adalah bagian dari keluarga yang harus kita hargai haknya," ujar Surya dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN, Selasa (15/06/2021).

Hingga kini, dia masih mempelajari kondisi lingkungan di Provinsi Jambi dan menerima masukan dan informasi dari beberapa pihak.

Namun, dia melihat ada beberapa potensi yang bisa dikembangkan seperti pembuatan pembangkit listrik dan bendungan.

"Kami siap membantu dan mendukung apapun inisiatif dan gagasan untuk memajukan Provinsi Jambi," tambah dia.

Baca juga: Surya Tjandra Tegaskan 3 Hal soal Perizinan Pembangunan di Papua Barat

Menurut Surya, major project ini nantinya mampu menjadi pemicu bagi daerah lain untuk berkembang dan membuat masyarakat peduli terhadap tanahnya.

Sehingga, efeknya dapat bekerja maksimal bagi percepatan pembangunan, penciptaan lapangan kerja, dan pemulihan ekonomi, khususnya di Jambi.

Melihat situasi dan banyaknya tantangan, Surya berpesan agar hal ini menjadi perhatian bersama dan harus diperhatikan dengan baik agar manfaat yang diperoleh bisa dirasakan langsung dan tidak menimbulkan konflik masyarakat.

Maka dari itu, kerja sama lintas sektor juga harus lebih intens dilakukan untuk segera mengatasi segala permasalahan yang menghambat.

Sementara itu, Pejabat Gubernur Provinsi Jambi Hari Nur Cahya mengatakan, pihaknya siap menjadi fasilitator terkait program Kementerian ATR/BPN dalam meminimalisasi terjadinya sengketa lahan dan ketimpangan penguasaan yang terjadi di Jambi.

"Kami siap menjadi fasilitator bagi Kementerian ATR/BPN dalam penyelesaian sengketa lahan dan ketimpangan penguasaan seperti Program Percepatan Reformasi Agraria (PPRA) yang merupakan pelaksanaan legalisasi aset melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilaksanakan di Provinsi Jambi," tutup Hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com