Mampukah Arab Saudi Jadi Pusat Hiburan Internasional?

Kompas.com - 19/05/2021, 15:28 WIB
On 28th April, 2018, The Custodian of the Two Holy Mosques, King Salman bin Abdulaziz Al Saud, led the Qiddiya Ground-breaking Ceremony in front of a global audience. QiddiyaOn 28th April, 2018, The Custodian of the Two Holy Mosques, King Salman bin Abdulaziz Al Saud, led the Qiddiya Ground-breaking Ceremony in front of a global audience.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerajaan Arab Saudi berencana mengembangkan industri pariwisata, hiburan dan gaya hidup besar-besaran dalam satu kawasan eintertainment city bernama Qiddiya.

Tak tanggung-tanggung, dana yang diinvestasikan senilai 64 miliar dollar AS atau nyaris Rp 1.000 triliun, tepatnya Rp 916 triliun.

Qiddiya merupakan bagian dari program ambisius reformasi sosial dan ekonomi, yang dikenal sebagai Visi 2030, untuk mengurangi ketergantungan negeri ini pada minyak.

Baca juga: Arab Saudi Bangun Kota Pintar Bebas Kendaraan Berbasis AI

Analis JLL Arab Saudi Mohamd Alkhateeb menuturkan, tujuan investasi Qiddiya ini adalah untuk membangun infrastruktur pariwisata yang sangat dibutuhkan Arab Saudi.

Pemerintah memberikan dukungan finansial, dan ada banyak peluang bagi sektor swasta untuk terlibat dalam pengembangan dan pengoperasian fasilitas rekreasi baru.

"Termasuk gedung opera, ruang konser, bioskop, atau museum," kata Alkhateeb yang dikutip Kompas.com dari lama JLL, Rabu (19/05/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Industri hiburan

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Arab Saudi telah mengambil langkah-langkah strategis dan fundamental.

Mereka mengumumkan sekaligus melakukan ground breaking secara resmi rencana Qiddiya yang dirancang seluas 334 kilometer persegi itu pada 2018 lalu.

Menempati area di selatan Riyadh, kota hiburan ini mencakup sejumlah fasilitas terkait olahraga, budaya dan rekreasi seperti safari dan taman hiburan Six Flags.
Qiddiya Menempati area di selatan Riyadh, kota hiburan ini mencakup sejumlah fasilitas terkait olahraga, budaya dan rekreasi seperti safari dan taman hiburan Six Flags.
Menempati area di selatan Riyadh, kota hiburan ini mencakup sejumlah fasilitas terkait olahraga, budaya dan rekreasi seperti safari dan taman hiburan Six Flags.

Qiddiya juga akan menjadi rumah bagi dua mal besar, termasuk Mall of Saudi dengan ruang ritel dan hiburan seluas 300.000 meter persegi.

Baca juga: Arab Saudi Siap Operasikan Dua Bandara Baru

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X