Akhir 2021 Tuntas, Tol Pekanbaru-Bangkinang Persingkat Waktu Perjalanan

Kompas.com - 19/05/2021, 13:52 WIB
Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 kilometer ditargetkan tuntas konstruksinya Desember 2021. Kementerian PUPRTol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 kilometer ditargetkan tuntas konstruksinya Desember 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 kilometer ditargetkan tuntas konstruksinya Desember 2021.

Jalan bebas hambatan berbayar ini merupakan salah satu ruas dari Tol Pekanbaru-Padang yang membentang 254 kilometer dan pendukung atau sirip dari jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan tol di daerah-daerah dapat memangkas waktu perjalanan sehingga mengurangi biaya logistik barang-barang kebutuhan masyarakat.

"Kehadiran Tol Pekanbaru-Padang ini akan memangkas waktu tempuh yang semula menghabiskan 8 hingga 9 jam menjadi sekitar 4 jam," ujar Basuki, Rabu (19/05/2021).

Baca juga: Jokowi Harap Tol Pekanbaru-Bangkinang Tingkatkan Daya Saing Produk Lokal

Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Padang terbagi menjadi enam seksi, yaitu Seksi 1 Padang-Sicincin sepanjang 36,15 kilometer, Seksi 2 Sicincin-Bukittinggi 38 kilometer, dan Seksi 3 Bukittinggi-Payakumbuh 34 kilometer.

Kemudian, Seksi 4 Payakumbuh-Pangkalan 58 kilometer, Seksi 5 Pangkalan-Bangkinang 56 kilometer, dan Seksi 6 Bangkinang-Pekanbaru 40 kilometer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menambahkan, saat ini progres fisik dari sisi Pekanbaru mencapai 65,60 persen dan Seksi Bangkinang-Pangkalan Tahap I sepanjang 24,7 kilometer mencapai 40,15 persen.

"Selain itu juga dari sisi Sumatera Barat juga sudah dimulai pembangunan ruas Padang-Sicincin," kata Danang.

Pembangunan Tol Pekanbaru-Padang dilaksanakan oleh PT Hutama Karya (Persero) dengan nilai investasi Rp 78 triliun melalui Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) yang ditandatangani pada tanggal 11 Oktober 2017.

Tol Pekanbaru-Padang merupakan bagian dari JTTS sepanjang 3.049 kilometer yang terdiri dari koridor utama (back bone) sepanjang 2.105 kilometer dan koridor pendukung (sirip) sepanjang 944 kilometer.

 

 

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X