Viral Rumah 13 Meter Persegi, Komentar Warganet dan Pertimbangan Layak Huni

Kompas.com - 14/03/2021, 13:25 WIB
Studio Landed House Rp 150 Jutaan di Modernland Cilejit, Tangerang, Banten. Modernland RealtyStudio Landed House Rp 150 Jutaan di Modernland Cilejit, Tangerang, Banten.

JAKARTA, KOMPAS.com - Berita Kompas.com tentang rumah tapak studio minimalis berukuran 13/60 meter persegi yang dikembangkan PT Modernland Realty Tbk ramai diperbincangkan warganet.

Pasalnya, rumah dengan ukuran sangat kecil ini dinilai tidak layak huni. Bahkan warganet  menganggap ukurannya lebih kecil daripada kos-kosan.

Kendati demikian, ada juga netizen yang berkomentar santai, satire, dan lucu mengundang senyum.

Baca juga: Rumah Milenial Tipe 13 Dibanderol Rp 150 Juta

Seperti komentar Hafidh melalui akun @hafidhmukmin yang mencuit, "Milenial disuruh tinggal di rumah 13 meter persegi, besok-besok Gen Z kebagian rumah seukuran kandang domba".

 

Karena dimensinya sangat kecil, ada juga warganet yang justru menyarankan konsumen rumah untuk membuat konsep camping.

Baca juga: Beli Rumah Rp 300 Juta, Ini Cicilan yang Harus Dibayar dengan DP 0 Persen

Konsep ini memungkinkan rumah hanya jadi ruang tidur, sementara aktivitas lain seperti memasak dilakukan di luar rumah.

"Itu kalau masak ikan asin sampe kasur bau semua. Tapi bisa juga dibikin konsep camping ya. Masak di luar, aktivitas semua di luar, hehe," ungkap @yokopranawa.

"Udah kayak rumah di (game) the sims pas masih miskin. Masuk-masuk langsung kasur," timpal @egsionidas.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida mengakui bahwa rumah tapak tipe studio berukuran 13 meter persegi yang dibangun PT Modernland Realty Tbk terbilang sangat kecil.

Dan rumah tipe mini ini baru pertama kali dibangun developer dalam sejarah properti Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X