Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanah di Pulau Kecil, Terluar, dan Pesisir Akan Diberi Kepastian Hukum

Kompas.com - 17/02/2021, 15:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanah di pulau-pulau kecil, terluar, dan pesisir di seluruh Indonesia akan diberikan kepastian hukum.

Hal ini menyusul maraknya penyalahgunaan tanah yang merugikan negara dan masyarakat.

Wakil Menteri ATR/BPN, Surya Tjandra mengatakan ada fungsi krusial yakni keamanan dan ekonomi ketika negara lalai bisa diterobos, bisa ada penyelundupan.

"Karena itu, dalam upaya pemetaan dan pemberian kepastian hukum atas tanah pada pulau-pulau kecil di pesisir Indonesia ini sangat membutuhkan koordinasi aktif lintas sektor," kata Surya dalam siaran pers yang dikutip Kompas.com, Rabu (17/02/2021).

Baca juga: Kepolisian Akui Sulit Mengungkap Kasus Mafia Tanah

Koordinasi lintas sektir diperlukan agar pemberian kepastian hukum berjalan secara efisien dan sekaligus meminimalisasi munculnya ego sektoral yang kerap terjadi antar-lembaga.

"Kita perlu semua pihak dalam hal pulau-pulau kecil terluar ini, kami dalam hal memberikan hak, Badan Informasi Geospasial memberikan data koordinat dan Lapan membantu dengan citra satelit dan seberapa jauh perlu dikoordinasikan," papar Surya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai Badan Informasi Geospasial (BIG) Yosef Dwi Sigit mengatakan dalam melakukan pemetaan wilayah yang ada di pesisir, BIG membantu memberikan data geospasial wilayah tersebut.

BIH akan melakukan survei terlebih dahulu pada wilayah tersebut meliputi survei validasi pulau dan survei verifikasi toponomi.

Hal ini karena BIG memiliki fungsi geospasial dalam membentuk peta dan untuk memetakan pulau-pulau kecil terluar harus dilakukan survei validasi pulau serta survei verifikasi toponimi.

"Perlu sinkronisasi data dan informasi terutama data geospasial yang dapat diakses bersama oleh seluruh kementerian dan lembaga," ujar Yosef.

Direktur Kebijakan Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan Untung Purwadi menambahkan, selama ini pihaknya telah melakukan pengamanan di pulau-pulau pesisir terutama yang berada di perbatasan Indonesia.

"Kementerian Pertahanan dan TNI sudah membuat Satuan TNI Terintegrasi (STT) di pulau-pulau kecil terluar dan kita sudah membangun pulau-pulau kecil dan mengamankannya yang kita butuhkan adalah kebersamaan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com