Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Keunggulan Sertifikat Elektronik, Cepat Terbit dan Administrasi Mudah

Keunggulan yang dimaksud terkait dengan efisiensi waktu dalam penerbitan sertifikat tanah serta dan proses administrasi jual beli lahan dari pengembang dan hak tanggungan.

"Kalau dulu prosesnya diukur, dicetak, diparaf, proses kembali ke buku tanah manual, dijahit, dan dicetak. Ke depan dengan format lebih simpel satu lembar (sertifikat tanah elektronik), setelah diukur bisa langsung keluar karena subjeknya tidak berubah," jelasnya dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN.

Selain efisien dalam hal penerbitan, Suyus menambahkan, sertifikat tanah elektronik dapat memudahkan masyarakat dalam proses administrasi pertanahan, khususnya untuk jual beli dan hak tanggungan.

Hal itu mengingat saat masyarakat membeli tanah atau rumah dari pengembang dan pembiayannya dari perbankan, terdapat dua proses administrasi pertanahan yang dilakukan, yakni jual beli dan hak tanggungan.

"Dengan proses baru ini, bisa dilakukan sekaligus didaftarkan, jual beli dan hak tanggungan satu kali proses. Jadi banyak hal implikasi manajerial untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat," pungkas Suyus Windayana.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/12/07/130000621/keunggulan-sertifikat-elektronik-cepat-terbit-dan-administrasi-mudah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke