Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Perumahan Subsidi di Sulbar Dapat Bantuan Jalan Lingkungan

Kompas.com - 22/05/2024, 13:34 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan akan menyalurkan bantuan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) untuk sejumlah perumahan bersubsidi di Sulawesi Barat (Sulbar).

Berdasarkan data Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Barat Balai P2P Sulawesi II, pada tahun 2024, sebanyak 844 unit rumah bersubsidi di 12 perumahan bersubsidi turut lima kabupaten Provinsi Sulawesi Barat akan mendapatkan bantuan PSU.

Perumahan bersubsidi tersebut berlokasi di Kabupaten Polewali Mandar yakni Perumahan Al-Ikhlas Residence Permai (50 unit), Perumahan Bina Residence Permai (91 unit).

Selanjutnya di Kabupaten Majene yakni Perumahan Al-Ikhlas Residence Majene (129 unit), Pole Lembang Residence (83 unit), Griya Pesona Lembang 2 (50 unit).

Lalu di Kabupaten Mamuju yakni Perumahan Royal Green Hills (93 unit), Griya Utama Residence (93 unit), Griya Permata Korongana Dua (68 unit), Puncak Indah Permai (66 unit), Grand City 2 (51 unit).

Serta di Kabupaten Mamuju Tengah yakni Perumahan Bayor Residence (50 unit), dan Kabupaten Pasangkayu yakni Perumahan Pamulang Residence (60 unit).

"Penyaluran bantuan PSU merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong semangat pengembang untuk lebih banyak membangun rumah bersubsidi yang berkualitas bagi masyarakat. Kami ingin kualitas dan fasilitas pendukung di rumah bersubsidi tidak kalah dengan rumah-rumah komersial lainnya," jelas Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto dikutip dari laman resmi, Rabu (22/05/2024).

Baca juga: Tahun Ini, 802 Rumah Subsidi di Papua Dapat Bantuan PSU

Menurut dia, bantuan PSU merupakan program pemerintah yang menjadi bagian dari Program Sejuta Rumah (PSR) yang termasuk dalam kebijakan pembangunan nasional bidang perumahan dalam rangka penyediaan perumahan dan permukiman layak, aman, dan terjangkau untuk mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

"Saat ini kebutuhan masyarakat akan infrastruktur perumahan dan pemukiman sangat tinggi. Apalagi rumah layak huni merupakan kebutuhan salah satu kebutuhan dasar dan kami ingin rumah bersubsidi tidak hanya terjangkau dari sisi harga jual tapi juga memiliki fasilitas yang baik dan berkualitas," tukasnya.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sulawesi II Ditjen Perumahan, Bakhtiar, didampingi Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Sulawesi Barat, Alwi Mahdali mengatakan, penyaluran bantuan PSU ke sejumlah perumahan bersubsidi yang diperuntukkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Provinsi Sulbar akan dilaksanakan oleh Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Barat.

Guna menandai pelaksanaan bantuan PSU tersebut, telah dilaksanakan penandatanganan kontrak oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Swadaya dan Rumah Umum dan Komersial bersama para pengembang perumahan di Sulbar pada Kamis (17/05/2024).

Bakhtiar menambahkan, bantuan PSU yang akan disalurkan berupa jalan lingkungan yang nantinya dapat meningkatkan kualitas dan menjadikan perumahan bersubsidi menjadi lebih nyaman bagi masyarakat yang menghuni rumah tersebut.

"Kami akan menyalurkan bantuan PSU berupa jalan lingkungan menggunakan paving blok mutu FC 20 yang akan dipasang di sejumlah jalan lingkungan perumahan bersubsidi di Provinsi Sulawesi Barat," terangnya.

Berdasarkan data, capaian penyaluran PSU di Provinsi Sulbar sejak tahun 2021 hingga 2023, sebanyak 2.793 unit rumah bersubsidi telah mendapatkan bantuan PSU berupa jalan lingkungan dari Kementerian PUPR. Rinciannya adalah pada tahun 2021 sebanyak 500 unit, tahun 2022 sebanyak 531 unit, dan tahun 2023 sebanyak 1.762 unit,

"Kami berharap bahwa tidak hanya para pengembang yang bersemangat untuk membangun lebih banyak rumah bersubsidi untuk MBR, namun juga bisa menjadi daya tarik bagi para masyarakat agar semakin berminat untuk menempati rumah bersubsidi," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com