Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

H+1 Libur Natal, Tol Cipali Dilintasi 115.071 Kendaraan

Sementara total yang melintas di Jalan Tol Cipali sejumlah 66.078 kendaraan. Sehingga total kendaraan yang melintas sebanyak 115.071 kendaraan.

General Manager Operation ASTRA Tol Cipali Suyitno mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan yang melintas pada libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru), Astra Infra memaksimalkan pengoperasian GT Palimanan dengan membuka 30 gardu tol otomatis (GTO) dan 15 mobile reader.

"Jadi kondisi saat ini terpantau ramai lancar," kata Suyitno dalam keterangan tertulis, Minggu (27/12/2020).

Suyitno menjelaskan, pada Nataru kali ini, kondisi jalur dan marka jalan Tol Cikopo-Palimanan semuanya dalam kondisi baik sehingga semua jalur dapat dilalui dengan lancar, aman dan nyaman.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan manajemen lalu lintas situasional dan berkoordinasi dengan Kepolisian melalui beberapa mekanisme.

Mulai dari pemasangan Median Water Barrier (MWB) dan Rubber Cone di depan Tempat Istirahat & Pelayanan (TIP) atau Rest Area.

Tujuannya untuk mencegah kendaraan pengguna jalan parkir di bahu jalan sepanjang TIP yang dapat mengakibatkan kemacetan.

Kemudian pembatasan kapasitas kendaraan di TIP sebesar 50 persen dan diberlakukan protokol kesehatan.

Selanjutnya, pemberlakuan buka-tutup apabila pengunjung sudah melebihi kapasitas dan terjadi kemacetan pada akses masuk TIP.

Astra Infra mengimbau pengguna jalan untuk istirahat di TIP berikutnya atau keluar di GT  terdekat untuk beristirahat atau mengisi BBM dan selanjutnya masuk kembali ke Jalan Tol Cipali dengan tarif yang sama.

Suyitno menyebut pihaknya juga turut mendukung program Polda Jabar dalam operasi lilin salah satunya melalui pemeriksaan rapid antigen secara random kepada para pengunjung di 4 rest area Tol Cipali yakni KM 86, KM 102 dan KM 101 arah Jakarta dan Palimanan.

Kegiatan ini dilakukan mulai dari tanggal 24-27 dan 30-31 Desember 2020.

https://www.kompas.com/properti/read/2020/12/27/184308421/h1-libur-natal-tol-cipali-dilintasi-115071-kendaraan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke