Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Ubin yang Membuat Tampilan Rumah Lebih Menakjubkan

Kompas.com - 24/03/2024, 16:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ubin menjadi salah satu detail paling berpengaruh di dalam rumah. Ubin bisa menambahkan warna, tekstur, dan kilau di ruangan. 

Ada banyak jenis ubin yang bisa dipilih sesuai dengan skema dekorasi yang ingin ditampilkan. Pemilihan ubin yang tepat akan membuat ruangan terlihat lebih cantik dan menarik. 

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Minggu (24/3/2024), berikut ini ide ubin yang membuat rumah terlihat lebih menakjubkan. 

Baca juga: 5 Ide Ubin Teraso yang Membuat Rumah Lebih Cantik dan Menarik

Ubin di dinding dan plafon rumah

ilustrasi ubin teraso di dinding kamar mandiShutterstock/iamsuleyman ilustrasi ubin teraso di dinding kamar mandi

Salah satu area yang bisa dihias dengan ubin yaitu dinding dan plafon atau langit-langit rumah. Ubin yang dipasang di area ini akan membuat rumah terlihat modern dan energik. 

Ubin berwarna oranye bisa dipilih untuk menghias dinding dan plafon rumah. Warna terang bisa ditampilkan sebagai aksen di dinding yang dikombinasikan dengan warna putih. 

Sedangkan di plafon rumah bisa dipasang ubin timah yang memberikan efek berkilau pada ruangan. 

Baca juga: 6 Ide Ubin Berukuran Besar di Kamar Mandi

Ubin di meja makan

Selain di dinding dan plafon rumah, ide ubin lainnya yaitu ubin di meja makan. Ubin yang dipasang di meja makan akan menambahkan warna dan tekstur di ruang makan. 

Selain mempertimbangkan warna dan tekstur ubin, jangan lupa untuk memperhatikan materialnya. Pastikan ubin yang dipasang di meja makan tahan panas, sehingga lebih aman. 

Ide ubin mosaik

Ubin mosaik yang dipasang di seluruh dinding kamar mandi bisa menciptakan desain yang kohesif dan cocok untuk hiasan di ruangan kecil. 

Ubin mosaik berwarna hitam dan putih bisa menciptakan daya tarik tanpa membebani ruangan. Ubin mosaik bermotif kecil bisa menyeimbangkan ubin lantai hitam yang ukurannya lebih besar. 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Ubin Keramik untuk Rumah

Ubin lantai bermotif meriah

Ide ubin lainnya yaitu ubin bermotif meriah yang dipasang di lantai. Ubin bermotif menarik akan menjadi pusat perhatian di ruangan tersebut. 

Selain itu, ubin bermotif juga membuat ruangan terlihat ceria dan segar. Seimbangkan ubin bermotif dengan dinding berwarna kalem agar tampilan hunian semakin cantik. 

Ubin batu di dinding

Ilustrasi ubin batu yang digunakan pada area teras rumahShutterstock Ilustrasi ubin batu yang digunakan pada area teras rumah

Salah satu cara membuat tampilan dinding terlihat lebih menarik yaitu dengan memasang ubin batu. Ubin batu membuat dinding menjadi titik fokus di ruangan tersebut. 

Hasil akhir yang tak biasa membuat ubin batu banyak dipilih. Ubin batu cocok dipasang di dapur di area backsplash

Baca juga: 5 Tren Ubin yang Bakal Populer pada 2024, Tahan Lama dan Menarik

Ubin warna-warni

Terakhir, ubin warna-warni juga bisa menjadi pilihan untuk membuat rumah lebih menakjubkan. Ubin berwarna cerah dengan motif sederhana akan membuat hunian terlihat menarik. 

Padukan ubin warna-warni dengan dinding dan ornamen dekorasi berwarna netral untuk menyeimbangkan tampilan di ruangan tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com