Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kesalahan Menanam Bunga Mawar yang Harus Dihindari

Kompas.com - 31/03/2023, 20:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mawar adalah salah satu bunga populer di dunia dan sering dijadikan sebagai hadiah untuk mengungkapkan cinta. Tanaman bunga mawar pun sudah sejak lama dijadikan tanaman hias di rumah.

Meskipun demikian, ada beberapa kesalahan menanam mawar yang perlu dihindari agar tanaman bunga yang cantik ini dapat tumbuh dan berbunga dengan baik.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Jumat (31/3/2023), berikut beberapa kesalahan menanam bunga mawar yang harus dihindari.

Baca juga: Bunga Mawar Vs Tulip, Mana yang Terbaik Ditanam di Taman Rumah?

Ilustrasi bunga mawar Cecile Brunner. SHUTTERSTOCK/OLGA GANOVICHEVA Ilustrasi bunga mawar Cecile Brunner.

1. Tidak memberi paparan sinar matahari yang tepat

Hal terpenting tentang tanaman bunga apa pun, termasuk bunga mawar, adalah paparan cahaya. Tanaman bunga mawar tumbuh paling baik saat mendapatkan sinar matahari langsung minimal 6 sampai 7 jam.

Menanam bunga mawar di lokasi teduh atau tempat gelap akan menghasilkan lebih sedikit atau tidak ada bunga. Warna bunga juga tergantung pada paparan cahaya.

Secara keseluruhan, berikan setidaknya 5 jam sinar matahari langsung dengan cahaya tidak langsung yang terang selama sisa hari itu jika paparan sinar matahari penuh tidak tersedia di lokasi Anda.

2. Tidak menggunakan media tanam yang baik

Meskipun bunga mawar tidak rewel terkait media tanam dan bertahan di sebagian besar jenis tanah, akan lebih baik jika Anda menanamnya di tanah yang subur dan gembur dengan menambahkan banyak bahan organik seperti pupuk kandang atau kompos.

Baca juga: 15 Bunga yang Tahan Cuaca Panas, Ada Mawar dan Bunga Kertas

Selain itu, mulsa tanaman menjaga suhu tetap terkendali, yang mendorong pertumbuhan tanaman dan produksi bunga yang sehat.

Mempertahankan pH tanah yang tepat juga penting untuk mawar. Tanaman bunga mawar lebih menyukai tanah yang sedikit asam dengan kisaran pH 6,0 sampai 6,5.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com