Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Kesalahan Menanam Bunga Mawar yang Harus Dihindari

JAKARTA, KOMPAS.com - Mawar adalah salah satu bunga populer di dunia dan sering dijadikan sebagai hadiah untuk mengungkapkan cinta. Tanaman bunga mawar pun sudah sejak lama dijadikan tanaman hias di rumah.

Meskipun demikian, ada beberapa kesalahan menanam mawar yang perlu dihindari agar tanaman bunga yang cantik ini dapat tumbuh dan berbunga dengan baik.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Jumat (31/3/2023), berikut beberapa kesalahan menanam bunga mawar yang harus dihindari.

1. Tidak memberi paparan sinar matahari yang tepat

Hal terpenting tentang tanaman bunga apa pun, termasuk bunga mawar, adalah paparan cahaya. Tanaman bunga mawar tumbuh paling baik saat mendapatkan sinar matahari langsung minimal 6 sampai 7 jam.

Menanam bunga mawar di lokasi teduh atau tempat gelap akan menghasilkan lebih sedikit atau tidak ada bunga. Warna bunga juga tergantung pada paparan cahaya.

Secara keseluruhan, berikan setidaknya 5 jam sinar matahari langsung dengan cahaya tidak langsung yang terang selama sisa hari itu jika paparan sinar matahari penuh tidak tersedia di lokasi Anda.

2. Tidak menggunakan media tanam yang baik

Meskipun bunga mawar tidak rewel terkait media tanam dan bertahan di sebagian besar jenis tanah, akan lebih baik jika Anda menanamnya di tanah yang subur dan gembur dengan menambahkan banyak bahan organik seperti pupuk kandang atau kompos.

Selain itu, mulsa tanaman menjaga suhu tetap terkendali, yang mendorong pertumbuhan tanaman dan produksi bunga yang sehat.

Mempertahankan pH tanah yang tepat juga penting untuk mawar. Tanaman bunga mawar lebih menyukai tanah yang sedikit asam dengan kisaran pH 6,0 sampai 6,5.


Menguji tanah dan mengolahnya dengan belerang atau kapur dolomit dapat membantu memastikan tingkat pH yang tepat untuk pertumbuhan yang optimal.

3. Menyiram tanaman dengan cara yang salah

Anda harus mencapai keseimbangan yang tepat saat menyiram tanaman bunga mawar. Terlalu banyak dan terlalu sering menyiram bunga mawar akan menimbulkan penyakit busuk akar.

Terlalu sedikit air akan membuat tanaman terlihat kering dan layu.

Jadi, apa cara yang tepat untuk memastikan tanaman tetap bahagia selamanya? Sederhana saja.

Gunakan jari telunjuk Anda dan rasakan tanah lapisan atas di antara penyiraman, dan jika terasa sedikit lebih kering, sirami tanaman dengan banyak sampai mulai keluar dari lubang drainase. Jika Anda menanamnya langsung di kebun, rendam media tanam dengan baik.

Hindari menyiram dan membasahi daun dari atas, terutama di lingkungan yang lembap, karena dapat menimbulkan penyakit seperti bercak hitam, yang menyebabkan daun dan kuncup berguguran.

4. Tidak membuang bunga yang sudah layu dan kering

Tidak membuang bunga yang sudah layu dan kering pada tanaman tidak hanya membuat mereka terlihat buruk tetapi juga merusak pertumbuhan bunga baru.

Ketika bunga mati tetap berada di batang, itu memaksa tanaman untuk mengalihkan energinya untuk menyelamatkan mereka yang seharusnya digunakan tanaman untuk menghasilkan lebih banyak bunga.

Tidak membuang bunga mati pada tanaman juga akan mengecohnya untuk memproduksi benih, yang akan menghabiskan banyak energi yang dapat digunakan tanaman untuk menghasilkan bunga segar.


Untuk mencegah hal ini terjadi, selalu bunga mati saat Anda melihatnya. Jangan menariknya, alih-alih gunakan kuku atau gunting untuk membuat potongan yang bersih, yang akan menyelamatkan batang dari kerusakan.

5. Tidak memangkas tanaman saat dibutuhkan

Memangkas tanaman bunga mawar tidak hanya menjaganya tetap dalam kondisi yang baik tetapi juga mendorong pertumbuhan baru, yang berarti lebih banyak bunga.

Lakukan pemangkasan tanaman minimal setahun sekali. Jangan menarik batang mati dengan tangan atau memelintirnya.

Gunakan gunting atau pisau untuk membuat potongan bersih. Ini akan membantu Anda memberikan bentuk yang bagus sekaligus menjaga batangnya tetap aman.

6. Mengabaikan pupuk

Melewatkan pemupukan juga merupakan salah satu kesalahan umum dalam menanam bunga mawar yang biasanya dilakukan orang. Anda tidak perlu berlebihan dan selalu menggunakan formula khusus apa pun.

Baik membeli pupuk bunga mawar atau hanya menggunakan pupuk cair seimbang sekali dalam empat sampai lima minggu, dan Anda akan terkejut dengan peningkatan produksi bunga.

Karena mawar menyukai magnesium, menggunakan garam epsom juga akan memberikan keajaiban bagi bunga. Tambahkan 1 hingga 2 sendok makan garam epsom dalam 3 liter air dan gunakan sekali dalam dua sampai empat minggu selama musim tanam untuk peningkatan bunga.

Karena mawar menyukai asam tanat yang secara alami terdapat pada daun teh, bersama dengan nitrogen dan kalium, sebaiknya sering-seringlah menambahkan daun teh bekas ke tanah.

Mawar mendapat banyak manfaat dari nitrogen, bersama dengan fosfat dan kalium. Untuk melengkapi tanaman, menerapkan ampas kopi sebanyak setengah cangkir per tanaman sekali dalam enam sampai delapan minggu akan mendorong pertumbuhan dan bunga yang subur.

Anda juga bisa mencampurkan setengah cangkir ampas kopi ke dalam 3 liter air dan sesekali menyirami rumpun mawar.

Anda juga dapat menggunakan kulit pisang karena mawar menyukai potasium. Kulit pisang melepaskan mineral berharga, seperti belerang, kalsium, kalium, dan magnesium ke dalam tanah, yang membantu pertumbuhan dan produksi bunga.

Menambahkan kepala ikan ke dalam lubang saat menanam mawar adalah cara terbaik untuk memberi mereka dorongan yang dibutuhkan.

Kepala ikan terdiri dari 8,3 persen nitrogen, 4,8 persen fosfor, dan 1,6 persen potasium yang sangat membantu pertumbuhan tanaman mawar dan bunganya.

Terakhir, jangan segan-segan menggunakan tepung tulang untuk tanaman bunga mawar. Ini adalah sumber fosfor yang kaya, yang mendorong pertumbuhan, perkembangan, dan pembelahan sel.

Taburkan satu sendok penuh di sekitar pangkal tanaman dan aduk rata tanah. Sirami tanaman sesudahnya, lakukan ini sekali dalam empat sampai enam minggu.

7. Mengabaikan hama dan penyakit

Mengabaikan bintik hitam pada daun mawar bisa berakibat fatal bagi tanaman. Hal ini disebabkan oleh jamur dan untungnya dapat dikendalikan dengan menyemprotkan larutan yang terbuat dari satu bagian susu dan dua bagian air setiap minggu sampai menghilang.

Hal lain yang perlu Anda waspadai adalah serangan hama, karena dapat melemahkan semak-semak, yang membuatnya lebih rentan terhadap penyakit. Juga, jaga agar tanaman aman dari kutu putih.

Kutu daun adalah hama utama yang harus Anda waspadai.


8. Tidak memperhatikan aliran udara

Mawar tumbuh paling baik jika ada aliran udara yang baik. Mengelompokkan tanaman bersama-sama dan menyimpan semua batangnya di tengah akan mencegah aliran udara, yang dapat merusak pertumbuhan subur dan produksi bunga.

Merupakan ide bagus untuk memotong cabang tambahan di tengah yang dapat mencegah atau mengganggu aliran udara.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/31/202543976/8-kesalahan-menanam-bunga-mawar-yang-harus-dihindari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke