Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Busuk, 6 Buah Ini Tidak Boleh Disimpan Bersamaan di Kulkas

Kompas.com - 01/03/2023, 14:13 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Buah menjadi bahan makanan yang sering disimpan bersama di dalam kulkas lantaran keduanya adalah bahan makanan segar. 

Selain itu, menjaga kesegaran buah dan sayur serta membuat keduanya lebih tahan lama. Namun, sebetulnya, ada beberapa buah dan sayur yang tidak boleh disimpan bersamaan di dalam kulkas. 

Baca juga: Jangan Meletakkan Barang di Atas Kulkas, Ini Bahayanya

Hal ini karena beberapa buah memiliki gas etilen yang dapat merusak dan membuat busuk buah dan sayuran lain yang disimpan bersama. 

Gas etilen adalah hormon tanaman alami yang menyebabkan berbagai tindakan selama siklus hidup tanaman, seperti perkecambahan biji dan respons adaptif selama peristiwa stres seperti kekeringan atau banjir. 

Dalam beberapa kasus, buah-buahan terus menghasilkan gas etilen, bahkan setelah dipetik atau dipotong, terutama ketika disegel rapat dalam kantong pembeku.

Bahkan, beberapa buah (disebut buah klimakterik) tidak akan matang sampai mulai mengeluarkan gas etilen dalam jumlah besar.

Namun, ketika produk penghasil etilen disatukan dengan buah dan sayuran yang sensitif terhadap etilen, gas tersebut akan menyebabkan makanan yang sensitif mencapai tahap pematangan yang sama cepatnya, padahal hal itu tidak wajar. Akibatnya, buah tersebut cepat membusuk.

Untuk mencegah pembusukan tersebut, berikut daftar buah yang tidak boleh disimpan bersamaan di kulkas dengan buah dan sayur lantaran mengandung gas etilen dirangkum dari Bobvila, Rabu (3/1/2023). 

Baca juga: Jangan Asal Pakai, Ini 5 Hal yang Perlu Dilakukan pada Kulkas Baru

Apel 

Apel memiliki indeks glikemik rendah sehingga aman untuk pasien diabetes.PEXELS/PIXABAY Apel memiliki indeks glikemik rendah sehingga aman untuk pasien diabetes.
Apel adalah buah yang terkenal penghasil etilen. Seberapa banyak gas yang dipancarkannya, tergantung pada jenis apel dan kapan dipanen.

Varietas seperti apel McIntosh memuncak pada tingkat etilen lebih tinggi daripada yang lain. Ketika produksi etilen yang sangat besar menurun, apel mulai melunak sehingga bisa menggigitnya sesaat setelah memetiknya dan apel menjadi lembek beberapa minggu kemudian.

Terlepas dari jenisnya, apel tidak cocok disimpan bersama dengan buah dan sayuran lain. Simpan apel di tempat sejuk sendiri dan segera keluarkan apel tersebut dan penghasil etilen lainnya dari kantong produk bersama.

Meski dapat merusak, produksi etilen apel dapat membantu sebagian besar varietas kentang dengan mencegahnya mengembangkan masalah mata.  

Baca juga: Stop, 8 Barang Ini Tidak Boleh Diletakkan di Atas Kulkas

Alpukat

Selanjutnya, buah yang tidak boleh disimpan bersamaan di kulkas adalah alpukat. Buah ini tidak menghasilkan etilen sampai dipetik, yang berarti tidak mulai matang sampai setelah jatuh dari pohonnya.

Namun, begitu matang, alpukat mulai memproduksi etilen dengan sangat cepat. Buah ini membutuhkan waktu lama untuk mulai matang. 

Namun, kemudian alpukat yang dikelompokkan akan melunak sekaligus, saling mempengaruhi satu sama lain. Setelah matang, alpukat hanya bertahan selama beberapa hari di dalam kulkas. 

Baca juga: 6 Bahan Makanan yang Harus Segera Disingkirkan dari Kulkas

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com