Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Cara Membersihkan Noda Air Membandel dengan Lemon

Kompas.com - 01/03/2023, 13:20 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Angi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dikonsumsi, lemon merupakan bahan alami yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk membersihkan rumah, salah satunya menghilangkan noda air.

Kandungan asam sitrat dalam lemon efektif membersihkan noda air sadah dan penumpukan mineral pada keran air, shower, keran, dan bathtub. 

Dilansir dari Angi, Rabu (1/3/2023), berikut tips membersihkan noda air membandel dengan lemon. 

Baca juga: 5 Bahan yang Dapat Menghilangkan Noda Air pada Furnitur Kayu

Pilih lemon yang berisi banyak air

Ilustrasi lemon. FREEPIK/STOCKKING Ilustrasi lemon.

Sebelum membersihkan noda air, langkah pertama adalah memilih lemon yang akan digunakan. Pilih lemon yang matang dan berisi banyak air, lalu potong lemon menjadi dua bagian, peras air, dan masukkan dalam botol semprot.

Kenakan sarung tangan

Jangan lupa mengenakan sarung tangan saat menangani lemon karena asam sitrat dapat berefek buruk pada kulit, terutama jika terpapar dalam waktu lama.

Jadi, sebaiknya kenakan sarung tangan khusus sebelum memulai membersihkan noda air dengan lemon.

Baca juga: Penyebab Pisau Berkarat dan Cara Mengatasinya, Bisa Pakai Lemon

Hindari menggunakan lemon untuk bahan tertentu

Meski sebagai pembersih alami, tidak semua permukaan dapat dibersihkan dengan asam sitrat. Hindari penggunaan lemon dan pembersih berbahan dasar jeruk lainnya pada bahan granit, batu kapur, travertine, onyx, dan marmer.

Sebaiknya juga melakukan uji coba pada bagian terkecil dulu sebelum memulai menggunakan lemon atau pembersih baru lainnya. 

Baca juga: Hindari, Air Perasan Lemon Dapat Merusak Meja Dapur Marmer

Oleskan air lemon

Cari tahu area mana yang ingin Anda bersihkan. Oleskan air perasan lemon pada permukaan, diamkan selama 10 menit untuk noda air yang lebih ringan dan 30 menit untuk noda air yang sulit dibersihkan.

Setelah itu, mulai menggosok permukaan hingga noda air hilang dan bersih. 

Membersihkan kepala shower

Ilustrasi shower, tagihan air, penggunaan air. SHUTTERSTOCK/TERO VESALAINEN Ilustrasi shower, tagihan air, penggunaan air.
Jika bagian kepala shower dapat dilepas, rendam dalam campuran air perasan lemon dan air panas di dalam ember selama 30 menit, lalu gosok kepala shower hingga bersih. 

Untuk kepala shower yang tidak dapat dilepas, Anda dapat mengisi kantong plastik dengan campuran air perasan lemon dan air, lalu ikatkan pada kepala shower untuk merendamnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Kepala Shower yang Mampet dengan Cuka Putih

Membersihkan keran

Noda air dapat menumpuk di area sekitar keran air. Semprotkan perasaan air lemon pada permukaan keran air, lalu gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok bagian-bagian yang sulit dijangkau. 

Membersihkan bathtub

Bak mandi atau bathtub dapat menjadi lokasi utama penumpukan air sadah, sumber kapur, dan endapan mineral lainnya.

Untuk membersihkannya, gunakan perasan lemon dan air panas dengan perbandingan 1:2, kemudian semprot bagian noda, dan diamkan selama 10 menit sebelum menggosoknya dengan sikat.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Bathtub agar Tidak Jadi Sarang Kuman

Ulangi pada area yang sulit dibersihkan

Jika perasan air lemon tidak dapat menghilangkan noda, ulangi proses pembersihan, tapi kali ini mendiamkan sari lemon di permukaan lebih lama dan beberapa noda perlu dibersihkan dengan pembersih komersial.

Bilas

Setelah merendam dan menggosok, bilas perasan air lemon secara menyeluruh. Meski bersifat asam, nyatanya perasan air lemon masih mengandung gula.

Hal ini membuat permukaan lengket dan dapat mengundang hama yang tidak diinginkan ke dalam rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com