Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kesalahan yang Dilakukan Saat Mendekorasi Ruang Minimalis

Kompas.com - 01/03/2023, 10:09 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Minimalisme adalah salah satu gaya interior yang banyak digunakan orang. Gaya minimalis juga masih terus populer hingga sekarang ini. 

Gaya interior ini identik dengan menjaga ruangan seminimal mungkin tanpa menghapus fungsionalitas setiap furnitur dan menggunakan warna-warna netral atau cerah. 

Baca juga: 8 Ide Menciptakan Ruang Minimalis yang Tenang dan Bersih

Banyak orang menerapkan desain rumah minimalis karena memberikan nuansa yang bersih, nyaman, dan bebas berantakan.

Namun, saat mendekorasi atau menerapkannya gaya minimalis di ruangan, banyak orang yang melakukan kesalahan. Akibatnya, membuat ruangan menjadi tidak menarik dan nyaman. 

Untuk menghindarinya, sejumlah desainer interior membagikan beberapa kesalahan yang dilakukan saat mendekorasi ruang minimalis dilansir dari The Spruce, Rabu (1/3/2023).  

Baca juga: 9 Ide Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Skandinavia yang Hangat dan Lapang

Menghilangkan rasa pesona

Ilustrasi ruang tamu minimalis.Shutterstock Ilustrasi ruang tamu minimalis.
Sarit Marcus, desainer interior dan pendiri Minted Space, mengatakan menghilangkan kesan pesona saat mendekorasi ruang minimalis adalah hal yang tidak boleh dilakukan.

"Untuk menciptakan rumah yang mengundang, tambahkan elemen alami seperti tanaman rumah, warna yang kaya, tekstil yang nyaman, serta perabot kayu reklamasi, yang akan menyuntikkan karakter dan kehangatan ke dalam ruangan mana pun."

Marcus mengatakan tanaman dapat memberikan dampak besar. "Jika Anda tidak ingin menambahkan perabot atau dekorasi ke sebuah ruangan, tapi masih merasa ada yang kurang, desain biofilik adalah solusi tepat," tambahnya.

Carilah tanaman rumah yang menarik, mudah dirawat, dan musiman.  

Baca juga: 5 Kesalahan Desain Interior Rumah Minimalis yang Harus Dihindari

Berpisah dengan terlalu banyak barang

Cameron Johnson, pendiri Nickson, sebuah perusahaan desain interior, mengatakan gaya minimalis bukan berarti tidak praktis.

"Memotong barang-barang besar, seperti meja, dapat membuat ruangan terasa lebih besar, tapi itu hanya boleh dilakukan jika barang tersebut benar-benar tidak diperlukan," ucapnya. 

Beberapa item furnitur tertentu sangat fungsional dan tidak akan membuat ruangan terasa berantakan.

"Sebuah bar cart atau rak buku kecil bisa sangat membantu dalam menambah desain minimalis karena hanya mengatur dan memajang barang-barang yang mungkin sudah ada di ruangan tersebut." 

Baca juga: 7 Tips Desain Dapur Minimalis Kecil, Bikin Ruangan Tampak Luas

Memadukan logam

Ilustrasi ruang keluarga minimalisShutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang keluarga minimalis
Marissa Geoffroy, Direktur Kreatif di Sherle Wagner International, sebuah perusahaan perangkat keras dan aksesoris kamar mandi, menjelaskan memadukan logam adalah kesalahan yang dilakukan saat mendekorasi ruang minimalis, khususnya kamar mandi minimalis. 

"Dengan kamar mandi yang didesain minimalis, baik itu kamar mandi utama maupun ruang rias, sebaiknya selalu menggunakan sentuhan akhir logam yang serasi," jelasnya.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com