Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Ubin Kolam Renang Berwarna Biru? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 01/03/2023, 07:51 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kolam renang menjadi salah satu fitur dan fasilitas mewah yang dimiliki sebuah rumah dan properti.

Kolam renang tak hanya menjadi tempat bermain air saat cuaca sedang panas, bersantai, serta berkumpul serta berpesta bersama keluarga, tetapi juga meningkat nilai jual rumah. 

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membuat Kolam Renang Custom

Tak jarang, mereka yang memiliki hunian cukup luas dan bujet besar, menginginkan memasang kolam renang di rumah. 

Namun, salah satu pertanyaan pertama yang banyak diajukan orang saat ingin memasang kolam renang adalah warna ubin yang harus digunakan.

Secara umum, kolam renang, baik di rumah-rumah, perhotelan, maupun fasilitas berenang, memiliki ubin berwarna biru.

Hal ini pun membuat banyak orang bertanya, kenapa ubin kolam renang berwarna biru? Apa saja pilihan warna ubin yang tersedia? Bolehkah menggunakan warna selain biru? 

Untuk menjawab pertanyaan itu semua, dilansir dari Aquatechutah, Rabu (1/3/2023), berikut sejumlah alasan kenapa ubin kolam renang berwarna biru

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Kolam Renang di Rumah

Alasan orang memilih biru sebagai warna ubin kolam renang 

Ilustrasi kolam renang. Shutterstock/stock_SK Ilustrasi kolam renang.
Sebagian besar pemilik kolam renang memilih ubin biru untuk kolam renang agar sesuai dengan warna yang merefleksikan warna biru langit.

Biru juga merupakan warna air yang sangat diinginkan. Warna air biru terlihat bersih, alami, dan menarik orang untuk berenang atau bermain air. Banyak wisatawan yang mencari negara yang dikelilingi oleh air laut biru dan pantai berpasir putih.

Ubin biru juga menjadi pilihan populer karena tampak lebih bersih daripada ubin hijau dan warna yang lebih gelap lainnya.

Kebanyakan orang menghindari warna hijau untuk ubin kolam renang karena mengindikasikan adanya ganggang dan kolam tidak memiliki keseimbangan kimiawi yang tepat. 

Baca juga: 4 Hal yang Dibutuhkan Sebelum Memasang Kolam Renang di Rumah

Selain itu, warna hijau tua dan coklat dihindari karena menunjukkan area yang kotor atau berjamur.

Contohnya, kasus kolam renang viral yang terjadi saat Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brazil. Salah satu kolam renang menggunakan warna ubin hijau. 

Hal ini pun membuat anyak penonton bertanya-tanya apakah tuan rumah Olimpiade sengaja mengubah warna air menjadi hijau atau kolam telah terkontaminasi ganggang? 

Setelah melakukan penyelidikan, Fédération Internationale de Natation—badan internasional yang mengatur olahraga renang—menemukan bahwa tangki-tangki air telah kehabisan bahan kimia pembersih air yang menghasilkan warna hijau.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com