Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Menggunakan Lemon untuk Membersihkan Rumah

Kompas.com - 13/11/2022, 08:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemon tidak hanya bermanfaat sebagai penyedap rasa masakan dan bahan minuman yang menyehatkan. Anda juga dapat menggunakan lemon untuk membersihkan rumah.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Minggu (13/11/2022), berikut beberapa cara menggunakan lemon untuk membersihkan rumah.

1. Membersihkan udara

The Old Farmer's Almanac merekomendasikan untuk merebus irisan lemon dalam panci berisi air selama sekitar satu jam. Uap yang mengepul akan menggantikan bau apek dan lembap dengan aroma yang menyegarkan.

Baca juga: 3 Cara Menggunakan Lemon dan Cuka Putih untuk Membersihkan Rumah

Ilustrasi lemon. shutterstock/Ekaterina Iatcenko Ilustrasi lemon.

Anda juga bisa menyebarkan aroma lemon dengan menaburkan beberapa tetes air perasan lemon ke dalam kantong vacuum cleaner tepat sebelum Anda menyedot debu.

Selain itu, Anda bisa mencampurkan air perasan lemon dan air dalam botol semprotan kecil dan gunakan semprotan bebas bahan kimia untuk menghilangkan bau makanan yang digoreng dan bau di kamar mandi.

2. Mengusir semut

Air perasan lemon dan kulit lemon adalah solusi yang aman bagi hewan peliharaan dan manusia yang mencegah semut memasuki rumah, menurut PETA.

Cari tahu di mana semut akan masuk, semprotkan area tersebut dengan air perasan lemon, dan selipkan kulit lemon ke dalam lubang dan celah untuk menghentikan semut yang masuk di jalurnya.

Baca juga: 3 Cara Memanfaatkan Lemon sebagai Pembersih Rumah

3. Campuran pembersih serbaguna

Spesialis kebersihan Leslie Reichert menyarankan untuk mencampurkan 230 ml cuka putih, 118 ml air perasan lemon, 118 ml alkohol, delapan tetes minyak esensial serai, dan dua hingga tiga tetes sabun castile dalam botol semprot.

Anda juga bisa membiarkan kulit lemon dalam cuka putih suling selama beberapa minggu. Asam sitrat dari kulitnya akan diekstraksi oleh cuka untuk membuat pembersih yang kuat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com