Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Menggunakan Lemon dan Cuka Putih untuk Membersihkan Rumah

Kompas.com - 10/11/2022, 16:48 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beragam bahan dapur yang bisa dimanfaatkan sebagai produk pembersih alternatif, termasuk lemon dan cuka putih.

Biasanya, masing-masing bahan dapur ini kerap digunakan bersama baking soda untuk membersihkan berbagai macam permukaan di rumah, dari wastafel, seprai putih yang kusam, hingga keramik kamar mandi. 

Baca juga: 3 Cara Memanfaatkan Lemon sebagai Pembersih Rumah

Namun, bagaimana dengan penggunaan lemon dan cuka? Apakah dua bahan dapur ini bisa digunakan secara bersamaan untuk membersihkan rumah?

Dilansir dari Moral Fibres, Kamis (10/11/2022), kedua bahan ini ternyata bisa digunakan bersama. Berikut beberapa cara membersihkan rumah menggunakan lemon dan cuka putih. 

Mengilaukan wastafel

Ilustrasi cuka putih. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cuka putih.

Lemon bisa membersihkan wastafel yang kotor. Caranya, potong lemon menjadi dua bagian, lalu taburi garam secukupnya di atas masing-masing potongan lemon, dan gosok semua permukaan wastafel.

Jangan lupa sambil memeras lemon agar airnya keluar mengenai area-area yang sedang dibersihkan. Selanjutnya, bilas wastafel, semprot pakai cuka putih, dan seka hingga bersih. 

Baca juga: Cara Membersihkan Tangki Kloset Duduk dengan Cuka Putih

Membersihkan microwave

Lemon dan cuka putih juga bisa digunakan untuk membersihkan microwave. Caranya, potong satu buah lemon menjadi dua bagian, kemudian isi mangkuk yang aman untuk microwave dengan air.

Setelah itu, letakkan irisan lemon di dalamnya dan masukkan mangkuk ke microwave. Nyalakan microwave pada pengaturan panas tinggi selama dua menit.

Setelah microwave berbunyi, biarkan pintunya tertutup selama 15 menit dan keluarkan mangkuk secara hati-hati.

Semprotkan kain bersih dengan cuka putih dan seka seluruh permukaan di dalam microwave hingga bersih.

Baca juga: Hindari, Air Perasan Lemon Dapat Merusak Meja Dapur Marmer

Membersihkan talenan

Digunakan sebagai wadah memotong berbagai bahan makanan, membuat talenen menjadi kotor serta berbau. Untuk membersihkan dan menghilangkan bau tersebut, bisa menggunakan lemon serta cuka putih. 

Caranya, cukup taburi talenan dengan garam kosher dan gosok pakai potongan buah lemon. Jangan lupa sambil memeras buahnya agar air keluar mengenai semua permukaan talenan.

Setelah menggosok semua permukaan talenan, diamkan selama lima menit sebelum membersihkannya dengan air bersih, kemudian semprotkan cuka putih dan seka talenan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com