Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Menarik Anjing Havanese, Sempat Tersisa 11 Ekor

Kompas.com - 01/03/2023, 12:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Havanese adalah ras anjing mainan tipe bichon. Anjing ini memiliki tampilan lucu dan menggemaskan dengan mata coklat yang besar, telinga terkulai, bula yang indah, dan ekor menggantung. 

Satu-satunya ras anjing yang berasal dari Kuba ini dikenal ceria, lincah, serta mudah bergaul. Tak heran, membuat Havanese banyak dipelihara dan menjadi salah satu ras anjing populer di kalangan penduduk kota di Amerika. 

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Maltese, Dicintai Bangsawan dan Hewan Terkaya

Ciri khas Havanese adalah ekornya yang melengkung ke atas dan bulu halus yang indah dan tidak mudah rontoh.

Bulu anjing Havanese juga tersedia dalam berbagai warna, dari putih, coklat, hitam, dan kombinasi dari warna tersebut. 

Beberapa pemilik senang menguncir bulu anjing Havanese seperti Puli dan lainnya memotongnya pendek untuk mengurangi waktu perawatan

Meski kecil, Havanese adalah anjing ekstrovert yang cerdas, mudah dilatih, serta merupakan anjing pengawas yang sangat baik dan melakukan pekerjaannya dengan serius, tetapi biasanya menjaga gonggongan seminimal mungkin. 

Ini membuat Havanese tidak hanya menjadi anjing peliharaan yang menyenangkan, tapi juga tambahan luar biasa untuk keluarga mana pun. 

Sama dengan ras lainnya, anjing Havanese memiliki sejumlah keistimewaan dan hal menarik. Dilansir dari AZ Animals, Rabu (1/3/2023), berikut tujuh fakta menarik anjing Havanese

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Bichon Frise, Si Kecil yang Disukai Bangsawan

Populasi asli Havanese di AS sempat hanya 11 ekor 

Ilustrasi anjing Havanese.Shutterstock/Sandra Huber Ilustrasi anjing Havanese.
Anjing pertama keluarga Bichon ini adalah penghuni pulau Tenerife di Spanyol. Meski beberapa sejarawan meragukan hal ini, yang lain menyatakan bahwa Havanese adalah asal muasal semua anjing Bichon. 

Anjing Havanese berlayar dari Tenerife ke Kuba dan segera menyebar ke seluruh pulau. Anjing yang ramah dan setia ini sangat dicintai orang Kuba.

Beberapa orang kaya di Kuba yang melarikan diri ke Amerika Serikat selama Revolusi Kuba diizinkan membawa hewan peliharaan mereka yang menggemaskan. Jumlah anjing Havanese di seluruh dunia pada 1970-an saat itu hanya sekitar 11 ekor.

Salah satu hal paling menarik tentang anjing Havanese adalah dari hampir 200 ras anjing, saat ini Havanese menduduki peringkat sebagai salah satu dari 25 ras anjing terpopuler di negara ini. 

Baca juga: 10 Fakta Menarik Anjing Pudel, Si Kecil Berbulu Keriting yang Cerdas

Bukan anjing iklim dingin yang baik

Meski memiliki bulu panjang, anjing Havenese tidak cocok untuk iklim yang lebih dingin. Lantas, mengapa anjing Havenese memiliki bulu begitu panjang dan halus?

Kuba dan Tenerife, tempat asal anjing Havanese, memiliki iklim tropis. Bulu panjang anjing ini pada dasarnya berfungsi sebagai tabir surya dan elemen pendingin saat cuaca terlalu panas.

Maka itu, hindari mencukur bulu anjing Havanese pada musim dingin karena dapat membuatnya sangat kedinginan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com