Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/01/2023, 11:03 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun selalu menjaga kebersihan talenan dan semua peralatan dapur, Anda mungkin kerap menemukan jamur pada talenan kayu atau talenan plastik. Talenan kaca umumnya bebas dari masalah ini karena tidak berpori dan lebih sulit tergores saat digunakan. 

Anda dapat mencoba menghilangkan jamur dan noda lain dengan lemon dan garam, tetapi Anda mungkin perlu menggunakan pemutih untuk menghilangkan jamur yang membandel.

Dilansir Hunker, Selasa (10/1/2023) setelah talenan bebas dari jamur, Anda dapat menggunakan salah satu dari beberapa trik ini untuk mencegah talenan kayu berjamur lagi di kemudian hari.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Bawang dari Talenan Kayu

Ilustrasi mencuci talenan kayu, membersihkan talenan kayu. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi mencuci talenan kayu, membersihkan talenan kayu.

1. Pembersih alami

Karena talenan bersentuhan langsung dengan makanan, Anda mungkin harus mencoba pembersih alami terlebih dahulu. Jika talenan berjamur, taburkan garam kasar, seperti garam laut, ke atas talenan. 

Potong lemon segar menjadi dua dan gunakan untuk mengoleskan garam ke permukaan talenan.

Garam akan mengangkat noda membandel dan jamur kecil dari retakan, lekukan, dan potongan di talenan, dan lemon akan membuatnya berbau segar.

2. Gunakan pemutih

Meskipun ini mungkin bukan bahan kimia pertama yang Anda gunakan saat membersihkan dapur, pemutih adalah disinfektan yang aman untuk digunakan di sekitar makanan jika digunakan dengan benar.

 

Baca juga: Penyebab dan Cara Memperbaiki Talenan Kayu Melengkung

Selain itu, pemutih adalah pembunuh jamur yang luar biasa. Pemutih akan menjaga segala jenis talenan tetap bersih dan bebas dari bakteri, baik itu kayu, plastik, atau kaca.

Untuk membersihkan talenan dan menghilangkan jamur, campurkan satu sendok teh pemutih ke dalam dua liter air. Celupkan sikat gosok ke dalam campuran dan gosok talenan dengan itu, gerakkan sikat dalam lingkaran kecil untuk mengoleskan larutan ke semua sudut dan celah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com