Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab dan Cara Memperbaiki Talenan Kayu Melengkung

Kompas.com - 03/01/2023, 19:41 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Talenan kayu dikenal kuat dan bisa tahun lama. Namun demikian, seiring berjalan waktu dan frekuensi penggunaan, talenan kayu bisa melengkung.

Nah, apa sebenarnya penyebab talenan kayu melengkung? Lalu, apakah talenan kayu melengkung bisa diperbaiki agar lurus kembali?

Dikutip dari All Recipes, Selasa (3/1/2023), berikut penjelasannya.

Baca juga: Cara Membersihkan Talenan Pakai Garam dan Lemon

Ilustrasi mencuci talenan kayu, membersihkan talenan kayu. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi mencuci talenan kayu, membersihkan talenan kayu.

Kenapa talenan kayu melengkung?

Pertanyaan pentingnya adalah bagaimana talenan kayu bisa melengkung? Jawabannya adalah, ketika kayu basah, maka akan menjadi lunak, seratnya membengkak, yang dapat menyebabkan bengkok dan retak.

Akan tetapi, ini bekerja dua arah. Air juga merupakan rahasia untuk meratakan talenan kayu melengkung dalam waktu singkat.

Cara memperbaiki talenan kayu melengkung

Di bak cuci piring, bilas seluruh permukaan talenan kayu dengan air hangat. Namun, jangan menenggelamkannya ke dalam air hingga terendam karena dapat merusak talenan kayu Anda.

Selanjutnya, keringkan talenan dengan serbet atau kain lap. Kayunya akan tetap lembap, namun jangan khawatir, sebab ini akan baik-baik saja.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan dari Tangan dan Talenan

Letakkan talenan kayu secara mendatar di atas meja dapur atau permukaan datar lainnya sehingga sudutnya menyentuh permukaan.

Selanjutnya, tindih talenan kayu dengan menambahkan beberapa benda berat di atasnya Jangan hanya fokus pada bagian tengah papan yang ditangkupkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com