Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana yang Terbaik, Talenan Kayu atau Plastik?

Kompas.com - 13/11/2022, 11:33 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comTalenan kayu dan talenan plastik sama-sama menjadi jenis talenan yang umum digunakan di kalangan masyarakat.

Selain karena mudah dicari, harganya pun masih terjangkau, meski talenan jenis apa pun yang berkualitas tinggi mungkin dibanderol dengan harga yang tentunya lebih tinggi.

Baca juga: Amankah Memotong Daging Mentah di Talenan Kayu?

Sebagai dua yang paling umum digunakan dari beragam jenis talenan yang ada di pasaran, beberapa orang mungkin bertanya-tanya apakah talenan kayu lebih baik daripada talenan plastik, begitu pula sebaliknya.

Dilansir dari Consumer Reports, Minggu (13/11/2022), ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dari talenan kayu dan talenan plastik, yakni sebagai berikut.

Talenan kayu vs talenan plastik

Ilustrasi talenan plastik.FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi talenan plastik.

Pakar ahli keamanan pangan biasa memperingati agar tidak menggunakan talenan kayu. Sebab, mereka lebih mungkin menampung bakteri penyebab penyakit bawaan makanan, misalnya E. coli atau Salmonella.

Meski demikian, sebenarnya keduanya sama-sama bagus dan aman digunakan jika mengikuti beberapa langkah sederhana, seperti menggunakan setidaknya dua talenan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih dari Talenan Kayu

“Miliki satu talenan untuk daging mentah, ikan, dan unggas, dan talenan terpisah untuk makanan siap saji seperti roti, buah, dan sayuran,” jelas Manager of Food Safety Research and Testing di Consumer Reports, Sana Mujahid.

Menurutnya, langkah ini membantu mencegah kontaminasi silang lantaran kamu tidak berisiko memindahkan Salmonella atau jenis bakteri lainnya dari ayam ke sayuran yang dipotong di permukaan berbeda.

Bersihkan secara menyeluruh

Terlepas dari jenis talenan yang digunakan, mereka harus benar-benar dibersihkan, bahkan meski talenan hanya digunakan untuk memotong roti.

Baca juga: Benarkah Talenan Plastik Lebih Baik dari Talenan Kayu?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com