Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/12/2022, 07:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Telur adalah bahan pangan yang kaya akan protein dan senyawa organik lainnya, sehingga lebih rentan terhadap pembusukan. Pun telur adalah bagian dari makanan sehari-hari bagi banyak orang di seluruh dunia.

Dikutip dari Cookist, Jumat (16/12/2022), meskipun penting untuk selalu menggunakan telur segar, sebenarnya yang lebih penting adalah Anda menyimpan telur dengan benar dan tidak membiarkannya basi dan rusak.

Umumnya kita menyimpan telur di kulkas dan hampir semua produsen kulkas menyediakan baki khusus untuk menyimpan telur. Namun, ada penelitian yang menyarankan untuk tidak lagi menyimpan telur di kulkas.

Baca juga: Cara Mudah Mengetahui Kesegaran Telur

Ilustrasi telur, telur ayam. FREEPIK/AZERBAIJAN_STOCKERS Ilustrasi telur, telur ayam.

Sudah terlalu lama dipercaya bahwa menyimpan telur di kulkas akan menyelamatkannya dari pembusukan dan mengurangi risiko keracunan makanan akibat bakteri salmonella, karena pendinginan mengontrol perkembangbiakan bakteri berbahaya ini.

Namun, inilah alasan yang membuatnya layak untuk menyimpan telur tidak di kulkas.

Berikut beberapa alasan untuk tidak menyimpan telur di kulkas.

1. Telur tidak busuk

Telur yang disimpan pada suhu ruangan tidak cepat busuk dibandingkan telur yang disimpan di kulkas. Selain itu, beberapa di antaranya cenderung menjadi asam saat dikeluarkan setelah disimpan dalam suhu yang sangat dingin.

Baca juga: Hindari Mencuci Telur Sebelum Disimpan atau Dimasak, Kenapa?

2. Telur yang disimpan di suhu ruang lebih baik untuk dipanggang

Sebagian besar resep makanan yang dipanggang merekomendasikan untuk menggunakan telur yang disimpan pada suhu kamar karena cenderung tercampur jauh lebih baik daripada telur yang disimpan di kulkas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com