Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2022, 11:35 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap produk makanan memiliki periode kesegarannya sendiri yang membuatnya aman untuk dikonsumsi manusia.

Inilah mengapa mereka memiliki tanggal kadaluwarsa yang perlu diperhatikan sebelum mulai diolah. Sebab, produk yang melewati periode tersebut bisa mengalami penurunan kualitas dan tidak segar lagi.

Baca juga: Hindari Mencuci Telur Sebelum Disimpan atau Dimasak, Kenapa?

Berbicara tentang kesegaran produk makanan, beberapa orang mungkin lebih familiar dengan daging, buah, dan sayuran.

Padahal, produk seperti telur pun memiliki periode kesegarannya tersendiri. Bahkan, dikutip dari Reader’s Digest, Selasa (22/11/2022), ada cara untuk mengetahui kesegaran telur, yakni sebagai berikut.

Cara mengetahui telur masih segar atau tidak

Ilustrasi telur ayam. Berikut adalah lirik dan makna lagu Dadong Dauh, lagu anak-anak dari daerah BaliSHUTTERSTOCK/YULIYA Shustik Ilustrasi telur ayam. Berikut adalah lirik dan makna lagu Dadong Dauh, lagu anak-anak dari daerah Bali

Telur yang sangat busuk dapat dengan mudah dideteksi sesaat setelah kamu memecahkan cangkangnya. Namun, kamu harus siap-siap dengan baunya yang sangat tidak sedap.

Kabar baiknya, ada cara untuk mengetahui apakah telur dapat digunakan atau tidak, tanpa harus memecahkannya.

Baca juga: Manfaatkan Cangkang Telur untuk Mencegah Bunga Rontok pada Tanaman

Bahkan, metode ini mungkin umum digunakan oleh mereka yang gemar memasak, meski metodenya cukup sederhana dan berteknologi rendah. Kamu hanya perlu melakukan pengujian di air.

Pengujian di dalam air

Untuk diketahui, telur yang buruk akan mengapung. Ini berkaitan dengan cara uap air menguap melalui cangkang seiring bertambahnya usia telur. Ketika cairan berkurang, gelembung udara di dalam cangkang telur tumbuh.

Jika menggoyangkan telur sambil didekatkan ke telinga, lalu mendengar cairan telur terombang-ambing, ini adalah pertanda buruk. Namun, untuk memastikannya, masukkan telur ke dalam air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com