Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini Ciri-ciri Telur Berkualitas dan Cara Tepat Menyimpannya

Kompas.com - 27/04/2022, 19:52 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Telur menjadi salah satu bahan pangan protein yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Selain kandungan gizi yang tinggi, telur memiliki harga lebih rendah daripada daging. Namun, mengonsumsi dan memilih telur tak boleh sembarangan. Anda perlu mengetahui ciri-ciri telur berkualitas sebelum mengonsumsinya.

Baca juga: 4 Cara Mudah Mengetahui Telur yang Sudah Busuk 

Denny Widaya Lukman, dokter hewan sekaligus pakar kesehatan masyarakat veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB), mengatakan ciri-ciri telur berkualitas memiliki kulit atau cangkang yang utuh dan tidak ada retakan.

"Sedangkan, untuk isi bagian dalamnya kompak, kental, tidak encer, tidak ada bintik-bintik darah, serta tidak berbau," ucap Denny dalam seminar bertema "Cara Memilih dan Menangani Produk Hewan (Daging dan Telur)" di Bogor, Selasa (26/4/2022). 

Baca juga: Pentingnya Mencuci Daging Sapi dan Ayam Sebelum Memasaknya

Menyimpan telur dengan wadah karton aslinya dapat menjaga telur tetap dalam kondisi segar dan tidak menyerap bau atau rasa dari makanan lain di kulkas.SHUTTERSTOCK/LIDAPHOTOS Menyimpan telur dengan wadah karton aslinya dapat menjaga telur tetap dalam kondisi segar dan tidak menyerap bau atau rasa dari makanan lain di kulkas.
Selain memilih telur yang berkualitas, cara mengolah telur juga harus diperhatikan untuk memberikan hidangan telur terbaik bagi keluarga.  

Sebelum mengolahnya, Denny menyarankan, sebaiknya mencuci telur terlebih dulu jika telur dalam kondisi kotor. 

Gunakan air bersih untuk mencuci telur hingga kotoran hilang. Bisa pula mencuci telur dengan sabun cuci piring, lalu membilasnya dengan air bersih, dan tiriskan atau keringkan telur dengan tisu dapur hingga kering

Setelah itu, simpan telur ke dalam kulkas dengan posisi bagian tumpul mengarah ke atas atau membalikkan posisi telur agar kuning telur tetap berada di tengah serta tetap utuh.  

Baca juga: Simak, Ini Ciri-ciri dan Cara Memilih Daging Sapi Berkualitas Baik

Masa penyimpanan telur 

Cara menyimpan telur menjadi faktor utama untuk membantu telur lebih awet dan berkualitas selama masa penyimpanan. 

Untuk itu, penting mengetahui seberapa lama boleh menyimpan telur dan pada suhu berapa bisa bertahan.

Denny menjelaskan, telur yang disimpan pada suhu ruang memiliki masa simpan maksimum dua minggu atau 14 hari. 

Baca juga: Stop Menyimpan Telur di Kulkas, Ini Bahayanya 

Sedangkan telur yang disimpan di dalam kulkas dalam suhu kurang dari 10 derajat Celsius bisa mencapai masa simpan maksimum hingga lima minggu atau 35 hari.

Namun, jika keadaan telur retak atau pecah, sebaiknya langsung memasaknya tanpa perlu menyimpannya demi menghindari telur memburuk atau membusuk, yang akhirnya tidak bisa dikonsumsi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com