Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2022, 23:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Budidaya cabai tidak hanya dilakukan pada lahan yang luas, tapi juga dapat dibudidayakan di dalam pot atau polybag yang lahan pekarangannya sempit seperti di daerah perkotaan.

Dilansir laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Sabtu (19/11/2022), menanam cabai di pot atau polybag relatif lebih mudah untuk dilakukan.

Jenis cabai yang paling cocok untuk ditanam di pekarangan rumah adalah jenis cabai rawit dan cabai keriting. Jenis cabai ini sangat cocok untuk ditanam di iklim tropis dan rasanya pedas juga disukai oleh banyak orang.

Baca juga: Tanaman Herbal Dapat Membasmi Hama pada Tanaman Cabai, Ini Caranya

Ilustrasi tanaman cabai.WIKIMEDIA COMMONS/SREENI.KAKI Ilustrasi tanaman cabai.

Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Akan tetapi, sebaiknya cabai ditanam pada daerah yang berada pada ketinggian nol sampai 2.000 meter di atas permukaan laut.

Adapun suhu yang cocok berkisar antara 24 sampai 27 derajat celcius, tetapi masih bisa bertahan terhadap suhu di bawah itu. Hal itu tergantung pula dengan jenis cabai yang ditanam.

Berikut beberapa tips sukses menanam cabai di polybag yang dapat Anda terapkan.

1. Penyemaian benih

Untuk menanam cabai di polybag atau pot sebaiknya tidak langsung dilakukan dari benih. Proses pertama yang harus dilakukan adalah menyemaikan benih.

Baca juga: Cara Mudah dan Murah Mengatasi Daun Tanaman Cabai yang Keriting

Hal ini untuk menyeleksi bibit cabai, agar bibit yang tidak bisa tumbuh dengan baik karena cacat atau memiliki penyakit tidak ditanam. Proses ini juga bertujuan untuk menunggu agar bibit cabai tumbuh cukup kuat untuk ditanam di tempat yang lebih besar.

Persemaian benih dapat dilakukan di polybag, rumah plastik, kotak kayu, baki atau membuat petakan tanah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com