Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Tips Sukses Menanam Cabai di Polybag

JAKARTA, KOMPAS.com - Budidaya cabai tidak hanya dilakukan pada lahan yang luas, tapi juga dapat dibudidayakan di dalam pot atau polybag yang lahan pekarangannya sempit seperti di daerah perkotaan.

Dilansir laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Sabtu (19/11/2022), menanam cabai di pot atau polybag relatif lebih mudah untuk dilakukan.

Jenis cabai yang paling cocok untuk ditanam di pekarangan rumah adalah jenis cabai rawit dan cabai keriting. Jenis cabai ini sangat cocok untuk ditanam di iklim tropis dan rasanya pedas juga disukai oleh banyak orang.

Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Akan tetapi, sebaiknya cabai ditanam pada daerah yang berada pada ketinggian nol sampai 2.000 meter di atas permukaan laut.

Adapun suhu yang cocok berkisar antara 24 sampai 27 derajat celcius, tetapi masih bisa bertahan terhadap suhu di bawah itu. Hal itu tergantung pula dengan jenis cabai yang ditanam.

Berikut beberapa tips sukses menanam cabai di polybag yang dapat Anda terapkan.

1. Penyemaian benih

Untuk menanam cabai di polybag atau pot sebaiknya tidak langsung dilakukan dari benih. Proses pertama yang harus dilakukan adalah menyemaikan benih.

Hal ini untuk menyeleksi bibit cabai, agar bibit yang tidak bisa tumbuh dengan baik karena cacat atau memiliki penyakit tidak ditanam. Proses ini juga bertujuan untuk menunggu agar bibit cabai tumbuh cukup kuat untuk ditanam di tempat yang lebih besar.

Persemaian benih dapat dilakukan di polybag, rumah plastik, kotak kayu, baki atau membuat petakan tanah.

Media persemaian terdiri dari campuran tanah halus dan pupuk kandang atau kompos (1:1). Masukkan media ke dalam kotak persemaian.

Untuk persemaian di bedengan, tempat persemaian berupa bedengan berukuran lebar 1 meter dan panjang sesuai dengan kebutuhan, diberi naungan atap plastik transparan yang menghadap ke timur.

Penyemaian benih disebar secara merata pada alur yang berjarak 5 cm pada tempat persemaian, kemudian ditutup dengan lapisan tanah halus dan disiram secukupnya.

Selanjutnya, kotak semai ditutup dengan daun pisang atau karung basah.

Bila bibit-bibit cabai sudah mulai tumbuh, buatlah penutup dari plastik transparan untuk melindungi bibit cabai kecil dari air hujan dan panas matahari langsung.

Salah satu tanda bibit cabai sudah siap untuk ditanam adalah sudah adanya 3 sampai 4 helai daun dan bibit telah berumur sekitar satu bulan.

2. Persiapan media tanam

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan media tanam. Gunakan pot atau polybag dengan ukuran minimal 30 cm, agar media tanam bisa menopang pertumbuhan cabai yang subur.

Bila kesulitan untuk mendapatkan polybag, Anda bisa menggunakan media tanam lain seperti pot plastik, kantong semen. Bisa juga menggunakan wadah bekas yang tidak terpakai, lubangi bagian bawah agar bisa mengalirkan air.

Untuk menanam cabai di polybag bisa menggunakan media tanam dari campuran tanah, pupuk kandang, kompos, arang, sekam padi, atau bahan lain yang serupa.

Ketika memindahkan bibit cabai usahakan ketika suhu tidak terlalu panas, idealnya pada waktu pagi dan sore hari, di mana matahari tidak terlalu terik sehingga tanaman terjaga dari sengatan sinar matahari langsung.

Lakukan pemindahan dengan hati-hati, perhatikan akar tanaman agar jangan sampai rusak. Buatlah lubang pada media tanam sedalam 5 sampai 7 cm.

Bila pembibitan dilakukan di dalam polybag maka pindahkan bibit cabai bersamaan dengan polybag ke tempat yang lebih besar.

4. Perawatan tanaman

Seperti halnya dengan tanaman yang lain, tanaman cabai memerlukan perawatan rutin agar bisa tumbuh dengan baik.

Perawatan tanaman cabai meliputi penyiraman, pemberian pupuk, perempelan, pemasangan ajir, dan membersihan dari gangguan gulma serta pengendalian hama dan penyakit.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/19/232200276/catat-tips-sukses-menanam-cabai-di-polybag

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke