Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Membuat Kucing Pemalu Merasa Lebih Nyaman dengan Pemiliknya

Kompas.com - 19/11/2022, 18:10 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika baru saja memelihara kucing yang pemalu, kamu mungkin tergoda untuk menunjukkan kepadanya betapa indah dan amannya rumahmu, serta seberapa besar cinta yang dirimu berikan kepadanya.

Masalahnya adalah kucing yang pemalu akan melihat usahamu dengan rasa khawatir, bahkan ketakutan.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa tips atau cara yang dapat kamu lakukan untuk membantu kucing pemalu mulai percaya dan merasa tidak terlalu cemas.

Baca juga: Bisakah Anjing Membedakan Dirinya dengan Kucing?

Dilansir dari Modern Cat, Sabtu (19/11/2022), berikut ini adalah tujuh cara membuat kucing pemalu merasa lebih nyaman dengan pemiliknya dan lingkungan barunya.

Kucing rawan ketakutan saat malam perayaan Tahun Baru ketika mendengar riuh kembang apiPexels/ Arina Krasnikova Kucing rawan ketakutan saat malam perayaan Tahun Baru ketika mendengar riuh kembang api
Beri lingkungan yang tepat

Kamu mungkin memiliki rumah yang besar dan indah sehingga ingin kucing barumu itu melihat seberapa banyak ruang yang dia miliki. Tapi untuk saat ini, lingkungan tersebut sangat berlebihan.

Kucing yang pemalu membutuhkan ruang terbatas agar dia bisa mendapatkan sikapnya.

Pikirkan tentang pencahayaan dan suara juga. Kurangi lampu agar dia tidak merasa terlalu terbuka dan pastikan tidak ada musik atau pembicaraan yang keras.

Sediakan tempat persembunyian

Baca juga: Kenapa Kucing Bersembunyi di Bawah Tempat Tidur?

Kemampuan untuk bersembunyi adalah mekanisme koping (hal yang dilakukan oleh individu untuk menguasai situasi yang dinilai sebagai suatu tantangan, luka, kehilangan, atau ancaman) yang berharga bagi kucing pemalu.

Jangan melihatnya sebagai hal negatif yang ingin disembunyikan kucing. Saat kucing pemalu bersembunyi, dia menjadi tenang dan dapat mulai mengevaluasi lingkungannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com