Kompas.com - 06/10/2022, 17:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat membeli peralatan pembersih rumah tangga, beberapa orang mungkin tidak terlalu mempertimbangkan pilihan warna karena lebih mementingkan fungsi dan kemudahan penggunaan.  

Namun, ternyata memiliki beberapa peralatan pembersih rumah tangga berwarna-warni yang dikelompokkan berdasarkan warna (color coding) cukup bermanfaat.

Baca juga: Cara Merawat dan Menyimpan Peralatan Pembersih Rumah

Disadur dari buku panduan milik Vikan, perusahaan peralatan pembersih asal Denmark, pengelompokkan berdasarkan warna mengacu pada pemisahan peralatan pembersih yang digunakan.

Sebagai contoh, area kamar mandi hanya boleh dibersihkan dengan peralatan pembersih berwarna biru, dapur berwarna hijau, dan ruang keluarga warna kuning. 

Ada beberapa keuntungan mengelompokkan peralatan pembersih berdasarkan warna seperti berikut ini, Kamis (6/10/2022).

Baca juga: Alat Pembersih Rumah Harus Dibersihkan Sebelum dan Setelah Dipakai, Kenapa?

Meminimalkan kontaminasi

Ilustrasi membersihkan rumah, produk pembersih rumah. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi membersihkan rumah, produk pembersih rumah.

Keuntungan pertama mengelompokkan peralatan pembersih rumah berdasarkan warna adalah meminimalkan kontaminasi silang, terutama dari peralatan yang digunakan di area dapur ke peralatan untuk area lain.

Sebab, setiap peralatan pembersih digunakan untuk membersihkan area dan jenis kotoran  berbeda-beda.

Untuk meminimalkan perpindahan mikroorganisme, alergen, atau benda asing di antara peralatan dan membuatnya menjadi lebih kotor, pisahkan peralatan pembersih berdasarkan warna yang telah ditentukan. 

Baca juga: Ingin Pakai Jasa Pembersih Karpet Profesional? Perhatikan 3 Hal Ini

Memudahkan pencarian

Keuntungan selanjutnya adalah memudahkan dan mempercepat proses pencarian alat pembersih rumah karena sudah tahu lokasi alat pembersih area tertentu disimpan. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.