Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Mengelompokkan Peralatan Pembersih Rumah Berdasarkan Warna

Kompas.com - 06/10/2022, 17:43 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat membeli peralatan pembersih rumah tangga, beberapa orang mungkin tidak terlalu mempertimbangkan pilihan warna karena lebih mementingkan fungsi dan kemudahan penggunaan.  

Namun, ternyata memiliki beberapa peralatan pembersih rumah tangga berwarna-warni yang dikelompokkan berdasarkan warna (color coding) cukup bermanfaat.

Baca juga: Cara Merawat dan Menyimpan Peralatan Pembersih Rumah

Disadur dari buku panduan milik Vikan, perusahaan peralatan pembersih asal Denmark, pengelompokkan berdasarkan warna mengacu pada pemisahan peralatan pembersih yang digunakan.

Sebagai contoh, area kamar mandi hanya boleh dibersihkan dengan peralatan pembersih berwarna biru, dapur berwarna hijau, dan ruang keluarga warna kuning. 

Ada beberapa keuntungan mengelompokkan peralatan pembersih berdasarkan warna seperti berikut ini, Kamis (6/10/2022).

Baca juga: Alat Pembersih Rumah Harus Dibersihkan Sebelum dan Setelah Dipakai, Kenapa?

Meminimalkan kontaminasi

Ilustrasi membersihkan rumah, produk pembersih rumah. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi membersihkan rumah, produk pembersih rumah.

Keuntungan pertama mengelompokkan peralatan pembersih rumah berdasarkan warna adalah meminimalkan kontaminasi silang, terutama dari peralatan yang digunakan di area dapur ke peralatan untuk area lain.

Sebab, setiap peralatan pembersih digunakan untuk membersihkan area dan jenis kotoran  berbeda-beda.

Untuk meminimalkan perpindahan mikroorganisme, alergen, atau benda asing di antara peralatan dan membuatnya menjadi lebih kotor, pisahkan peralatan pembersih berdasarkan warna yang telah ditentukan. 

Baca juga: Ingin Pakai Jasa Pembersih Karpet Profesional? Perhatikan 3 Hal Ini

Memudahkan pencarian

Keuntungan selanjutnya adalah memudahkan dan mempercepat proses pencarian alat pembersih rumah karena sudah tahu lokasi alat pembersih area tertentu disimpan. 

Lebih lanjut, jika memiliki dua jenis alat pembersih yang sama, kamu tidak perlu bingung karena alat sudah dibedakan berdasarkan warna area pembersihan.

Baca juga: 2 Cara Mencegah Bulu Sikat Pembersih Rumah Menjadi Rontok

Meningkatkan keamanan peralatan pembersih

Ilustrasi membersihkan rumah.Shutterstock/Tanyastock Ilustrasi membersihkan rumah.

Sistem pengelompokkan berdasarkan warna dapat membantu meningkatkan keamanan peralatan pembersih sehingga pengguna tidak perlu khawatir.

Sebab, mereka akan disimpan berdasarkan area pembersihan. Dengan kata lain, perpindahan bakteri di antara peralatan minim terjadi.

Memperpanjang usia penggunaan

Setiap jenis alat pembersih dirancang untuk membersihkan area dan jenis kotoran tertentu. Sikat pembersih noda makanan yang mengerak, misalnya, umumnya memiliki bulu kaku.

Artinya, pengelompokkan peralatan pembersih berdasarkan warna juga membantu memperpanjang usia penggunaan dan menghemat pengeluaran karena alat digunakan sesuai pekerjaannya.  

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Peralatan Pembersih Rumah

Ruang penyimpanan jadi lebih rapi

Memiliki rumah yang rapi dapat membantu meningkatkan produktivitas dan suasana hati karena memudahkan mencari sesuatu yang dibutuhkan.

Untuk ruang penyimpanan peralatan pembersih rumah sendiri, pengelompokkan berdasarkan warna dapat membuatnya menjadi lebih rapi serta menarik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com