Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/08/2022, 12:28 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.comSofa kain rentan terkena kotoran dari hewan peliharaan, anak-anak, tumpahan minuman, dan remah makanan.

Untuk itu, perlu membersihkannya secara rutin agar tampilannya tetap bersih dan tidak kusam.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Urine Kucing pada Sofa Kain

Membersihkan sofa kain terkadang tidak perlu menggunakan jasa profesional. Kamu cukup menggunakan cairan pembersih kain sofa yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Disadur dari Hunker, Kamis (18/8/2022), ada tiga cara membuat cairan pembersih sofa kain menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. 

Namun, perlu dicatat, sebelum menggunakannya, semprotkan cairan pembersih terlebih dulu pada area tersembunyi sofa guna memastikan cairan tersebut aman, tidak merusak, dan membuat warna sofa berubah.

Untuk menghindari noda air, jangan gunakan cairan pada sofa kain berbahan sutra, suede, dan kulit. 

Baca juga: 5 Cara Memilih Sofa Sectional Terbaik untuk Ruang Tamu

Cairan pembasmi noda

Ilustrasi sofa putih.SHUTTERSTOCK / Ilija Erceg Ilustrasi sofa putih.

Untuk membuat cairan pembersih sofa kain, siapkan tiga bahan sederhana, yakni 236 mililiter air suling, 118 mililiter cuka putih suling, dan tiga hingga lima tetes sabun cuci piring. 

Penggunaan cuka putih suling berfungsi menetralkan bau dan noda alkali seperti noda rumput, sementara sabun cuci piring  membersihkan noda minyak dan makanan.

Jika ingin cairan pembersih noda beraroma segar, tambahkan 10-15 tetes minyak esensial dengan wangi favorit.

Baca juga: Sofa Kulit Vs Sofa Kain, Mana yang Lebih Baik?

 

Cara membuatnya, tuangkan semua bahan-bahan di atas ke dalam botol semprotan berukuran 354 mililiter, lalu goyangkan hingga larutan merata.

Terkait penggunaannya, semprotkan larutan ke sofa kain, diamkan selama lima menit, dan gosok area yang disemprot menggunakan kain bersih hingga noda hilang. 

Bersihkan sisa-sisa sabun pada permukaan dengan kain bersih yang lembap dan keringkan dengan kain bersih lainnya atau penyedot debu.

Baca juga: Cara Membersihkan Sofa Kain Tanpa Air

Cairan pewangi sofa kain

Ilustrasi furnitur melengkung, Ilustrasi sofa melengkung, ilustrasi ruang tamu. Shutterstock/Anymayy Ilustrasi furnitur melengkung, Ilustrasi sofa melengkung, ilustrasi ruang tamu.

Apabila ingin menyegarkan kembali sekaligus membuat sofa kain beraroma segar, buatlah cairan pewangi sofa dari satu sendok makan pelembut pakaian dan 458 mililiter air suling.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com