Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Manfaat Mengelompokkan Peralatan Pembersih Rumah Berdasarkan Warna

Namun, ternyata memiliki beberapa peralatan pembersih rumah tangga berwarna-warni yang dikelompokkan berdasarkan warna (color coding) cukup bermanfaat.

Disadur dari buku panduan milik Vikan, perusahaan peralatan pembersih asal Denmark, pengelompokkan berdasarkan warna mengacu pada pemisahan peralatan pembersih yang digunakan.

Sebagai contoh, area kamar mandi hanya boleh dibersihkan dengan peralatan pembersih berwarna biru, dapur berwarna hijau, dan ruang keluarga warna kuning. 

Ada beberapa keuntungan mengelompokkan peralatan pembersih berdasarkan warna seperti berikut ini, Kamis (6/10/2022).

Keuntungan pertama mengelompokkan peralatan pembersih rumah berdasarkan warna adalah meminimalkan kontaminasi silang, terutama dari peralatan yang digunakan di area dapur ke peralatan untuk area lain.

Sebab, setiap peralatan pembersih digunakan untuk membersihkan area dan jenis kotoran  berbeda-beda.

Untuk meminimalkan perpindahan mikroorganisme, alergen, atau benda asing di antara peralatan dan membuatnya menjadi lebih kotor, pisahkan peralatan pembersih berdasarkan warna yang telah ditentukan. 

Memudahkan pencarian

Keuntungan selanjutnya adalah memudahkan dan mempercepat proses pencarian alat pembersih rumah karena sudah tahu lokasi alat pembersih area tertentu disimpan. 

Lebih lanjut, jika memiliki dua jenis alat pembersih yang sama, kamu tidak perlu bingung karena alat sudah dibedakan berdasarkan warna area pembersihan.

Sistem pengelompokkan berdasarkan warna dapat membantu meningkatkan keamanan peralatan pembersih sehingga pengguna tidak perlu khawatir.

Sebab, mereka akan disimpan berdasarkan area pembersihan. Dengan kata lain, perpindahan bakteri di antara peralatan minim terjadi.

Memperpanjang usia penggunaan

Setiap jenis alat pembersih dirancang untuk membersihkan area dan jenis kotoran tertentu. Sikat pembersih noda makanan yang mengerak, misalnya, umumnya memiliki bulu kaku.

Artinya, pengelompokkan peralatan pembersih berdasarkan warna juga membantu memperpanjang usia penggunaan dan menghemat pengeluaran karena alat digunakan sesuai pekerjaannya.  

Ruang penyimpanan jadi lebih rapi

Memiliki rumah yang rapi dapat membantu meningkatkan produktivitas dan suasana hati karena memudahkan mencari sesuatu yang dibutuhkan.

Untuk ruang penyimpanan peralatan pembersih rumah sendiri, pengelompokkan berdasarkan warna dapat membuatnya menjadi lebih rapi serta menarik. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/06/174300576/5-manfaat-mengelompokkan-peralatan-pembersih-rumah-berdasarkan-warna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke