Kompas.com - 03/10/2022, 21:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas menjadi peralatan elektronik yang digunakan sepanjang hari untuk mengawetkan berbagai makanan.

Untuk itu, kulkas harus rutin dibersihkan dan dicairkan agar bisa bekerja efisien. Dengan mengetahui cara kerja dan berbagai masalah kulkas, pemilik lebih bisa mengetahui kapan kulkas harus diperbaiki, bahkan diganti.

Dilansir dari Mrright.in, Senin (3/10/2022), berikut beberapa fakta tentang kulkas yang harus diketahui. 

Baca juga: Aturan Menyimpan Buah dan Sayuran di Kulkas agar Tetap Segar

Kulkas mengeluarkan suara

Ilustrasi kulkas.Shutterstock/New Africa Ilustrasi kulkas.
Kulkas mengeluarkan suara saat beroperasi secara normal. Jika kulkas mengeluarkan suara seperti mendengung, mendesis atau berderak, meletus, berdenyut atau aliran udara, retak atau benturan, air mengalir, dan gemericik, dan suaranya tidak terlalu keras, hal itu adalah normal. 

Namun, apabila suara terlalu keras atau ada suara lain yang keluar dari kulkas, Anda perlu mencari sumber suara ini dan memperbaikinya.  

Baca juga: 7 Cara Membuat Makanan Lebih Awet di Kulkas

Terkadang pintu kulkas tidak menutup sepenuhnya

Penyebab pintu kulkas tidak tertutup baik bisa disebabkan oleh makanan menghalangi pintu, rak, atau penempatan kulkas yang tidak stabil atau goyang.

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan mengatur semua rak dengan benar di tempatnya serta menjauhkan makanan dan bungkusan dari pintu sebelum menutupnya.

Jika kulkas goyang atau tidak stabil, perhatikan permukaan lantai. Apakah permukaan dalam rata atau tidak. 

Baca juga: Kenapa Makanan Bisa Awet di Kulkas? Ini Penyebabnya

Penyebab pintu kulkas sulit dibuka

Ilustrasi kulkas, Ilustrasi cara menyimpan keju di kulkasFREEPIK Ilustrasi kulkas, Ilustrasi cara menyimpan keju di kulkas
Sebaliknya, pintu kulkas yang sulit dibuka atau memerlukan banyak kekuatan untuk membuka, ada beberapa masalah seperti paking atau seal pintu yang lengket atau kotor. 

Untuk mengatasinya, bersihkan gasket. Caranya, cabut steker kulkas, kemudian bersihkan permukaan gasket dengan air hangat dan sabun lembut.

Halaman:
Sumber mrright.in


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.