Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Kulkas dengan 5 Langkah Mudah Ini

Kompas.com - 31/08/2022, 07:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki lemari es atau kulkas yang bersih sangat penting untuk menghindari bau tidak sedap dan menjaga kebersihan makanan. Meskipun kulkas sudah tampak bersih, namun sering kali masih ada banyak bakteri dan kotoran yang bersembunyi di rak, laci, dan permukaan lain di kulkas.

Meskipun mengelap bagian dalam akan membuat kulkas terlihat lebih bersih, ada beberapa langkah tambahan yang harus dilakukan untuk membuat kulkas benar-benar bebas dari bau, kotoran, dan kuman.

Dikutip dari Express.co.uk, Rabu (31/8/2022), berikut cara membersihkan kulkas dengan lima langkah mudah.

Baca juga: Kenali 5 Tanda Kulkas Harus Diganti, Makanan Jadi Cepat Basi

Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan bagian dalam kulkas. SHUTTERSTOCK/CELTSTUDIO Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan bagian dalam kulkas.

1. Mulailah dengan disinfeksi

Mendisinfeksi kulkas harus dilakukan secara teratur, tetapi juga penting untuk melakukan pembersihan mendalam setiap beberapa bulan.

Menjadwalkan pembersihan menyeluruh tidak selalu mudah saat kulkas terus digunakan, tetapi saat yang tepat untuk mencobanya adalah saat kulkas terlihat hampir kosong sepenuhnya, sebelum atau sesudah Anda bepergian jauh biasanya ideal.

Sebelum Anda mulai membersihkan, penting untuk memindahkan barang-barang yang ada ke dalam kantong, tas, atau kotak pendingin hingga dapat dikembalikan ke rak yang sudah bersih.

Bagian luar dan dalam kulkas harus dibersihkan untuk menghilangkan kotoran di permukaan dan melonggarkan kotoran yang menempel di permukaan.

Baca juga: Ketahui, Ini Usia Simpan Telur Rebus di Kulkas

Untuk melakukannya, campurkan larutan alami soda kue dan air panas. Gunakan dua sendok makan soda kue untuk setiap satu cangkir air.

Ambil kain bersih dan celupkan ke dalam larutan sebelum menyeka rak, laci, dan pegangan di kulkas.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Express
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com