Kompas.com - 03/10/2022, 18:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comKucing terkenal sebagai hewan yang senang membersihkan diri dengan cara menjilati bulu atau tubuhnya. 

Akan tetapi, ada kalanya tubuh kucing kotor, salah satunya setelah membuang air besar. Sebab, kotoran tinja kucing bisa menempel pada bulu bagian belakangnya, terutama pada kucing-kucing berbulu panjang.

Baca juga: Apakah Kucing Bisa Alergi Terhadap Anjing?

Bahkan kotoran tersebut bisa menempel pada area bulu yang sulit dijangkau kucing. Hal ini pun membuat pemilik harus turun tangan membersihkannya.

Namun, bagaimana cara membersihkan tinja yang menempel pada bulu kucing? Apakah bisa diseka dengan tisu atau kain lap basah saja?

Persiapan membersihkan tinja dari bulu kucing

Ilustrasi kucing Russian Blue.PIXABAY//husnerova Ilustrasi kucing Russian Blue.

Dikutip dari Pet Keen, Senin (3/10/2022), ada sejumlah persiapan sebelum mulai membersihkan tinja yang menempel pada bulu kucing.

Sebaiknya, gunakan baju lengan panjang dan sarung tangan karet untuk melindungi diri dari cakaran kucing serta kotoran. 

Baca juga: 8 Ras Kucing Muka Datar, Persia hingga Selkirk Rex

Cara membersihkan kotoran tinja pada bulu kucing

  • Sampo tanpa bilas

Untuk kotoran yang tidak terlalu parah, kucing tidak perlu dimandikan. Kamu bisa menggunakan sampo tanpa bilas (waterless shampoo) untuk membersihkannya.

Biasanya, sampo ini dikemas dengan botol semprotan serta cocok untuk membersihkan kotoran yang sudah mengering atau mengeras.

Cara menggunakannya, semprotkan sampo ke area yang ingin dibersihkan, lalu gosok dengan kain lap lembap yang telah dicelupkan ke air hangat.

Baca juga: 3 Alasan Kucing Suka Duduk di Atas Keyboard dan Cara Mencegahnya

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Pet Keen


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.