Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Dibuang, Ini Manfaat Kulit Buah Delima untuk Tanaman

Kompas.com - 06/09/2022, 07:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa kulit buah memiliki manfaat sebagai nutrisi untuk tanaman. Salah satunya kulit buah delima yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman.

Kulit buah delima (Punica granatum) kaya akan ellagitanin, flavonoid, senyawa proanthocyanidin, dan mineral seperti magnesium (0,2 persen), kalsium (0,1 persen), potasium (1,6 persen), serta natrium dan fosfor. Kulit buah delima juga memiliki mikronutrien seperti tembaga, seng, dan besi, nilai pH dalam kulit adalah 4,8.

Dilansir Balcony Garden Web, Selasa (6/9/2022), kaya akan potasium dan magnesium berarti membantu dalam perkembangan akar, meningkatkan fotosintesis, meningkatkan ketahanan untuk melawan stres dan kekeringan, dan juga membantu meningkatkan kandungan protein tanaman.

Baca juga: Ternyata, Ini Manfaat Kepala Ikan untuk Tanaman

Ilustrasi buah delima. Kulit buah delima memiliki banyak manfaat untuk tanaman dan kebun. PIXABAY/ORNA WACHMAN Ilustrasi buah delima. Kulit buah delima memiliki banyak manfaat untuk tanaman dan kebun.

Berikut beberapa manfaat kulit buah delima untuk tanaman dan cara menggunakannya.

1. Sebagai pupuk cair

Potong kulit buah delima menjadi potongan kecil-kecil, tambahkan ke blender dengan air, dan buat bubur kental dan halus.

Anda juga dapat memasukkan beberapa biji delima ke dalamnya, karena kaya akan tanin terhidrolisis, tanin terkondensasi, flavonol, antosianin, asam fenolik dan organik, dan mineral penting lainnya, yang dapat membantu pertumbuhan tanaman.

Jadi, ada baiknya menambahkan beberapa bijinya, bersama dengan kulitnya, saat membuat pupuk cair.

Baca juga: Manfaat Lidah Mertua di Kamar, Bersihkan Udara dan Bikin Tidur Nyenyak

Ambil satu bagian pasta ini, encerkan dengan lima bagian air, dan gunakan untuk menyiram tanaman sesekali.

Sebagai informasi, kulit buah delima kaya akan potasium. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan pupuk untuk memberi nutrisi untuk tanaman sayuran seperti tomat, brokoli, dan kubis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com