Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan Bersama Apel

Kompas.com - 30/08/2022, 10:08 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengurangi limbah makanan selalu merupakan ide yang baik. Namun bagaimana cara untuk melakukan hal itu?

Mengetahui produk segar mana yang dapat disimpan bersama dengan aman dan buah serta sayuran apa yang tidak boleh terlalu dekat menjadi salah satu caranya.

Misalnya, dilansir Martha Stewart, Selasa (30/8/2022), apel tidak boleh diletakkan bersamaan dengan bawang, karena menghentikan buah matang terlalu cepat, dan menghilangkan kelembapan.

Baca juga: Piring Kaca Microwave Pecah, Efektifkah Memanaskan Makanan?

Ilustrasi kentang dan bawang bombai, ilustrasi bawang bombai dan kentang.SHUTTERSTOCK / Irishasel Ilustrasi kentang dan bawang bombai, ilustrasi bawang bombai dan kentang.

1. Jauhkan bawang dari apel dan kentang 

Pada akhirnya, memahami jenis produk mana yang dapat dan tidak dapat disimpan dengan aman berdekatan satu sama lain akan memaksimalkan umur panjang makanan Anda.

Menurut John Adler, wakil presiden kuliner di Blue Apron, secara umum, jangan simpan buah atau sayuran sensitif etilen dengan buah atau sayuran yang menghasilkan gas etilen dalam jumlah tinggi. 

Menyimpan bawang dan kentang bersama-sama akan mempercepat proses pematangan kentang, membuatnya tumbuh mata dan terkadang akar.

Ini juga berlaku untuk bawang putih, meskipun kentang, bawang bombay, dan bawang putih harus disimpan di tempat gelap yang sejuk.

Baca juga: Kenali 5 Tanda Kulkas Harus Diganti, Makanan Jadi Cepat Basi

Tips penyimpanan apel 

Ada pun beberapa fakta cepat lainnya yang perlu diketahui tentang penyimpanan apel? Jangan meletakkannya dalam mangkuk dengan buah-buahan lain.

Apel dapat disimpan di atas meja, tetapi karena mereka mengeluarkan banyak gas etilen, usahakan untuk menjauhkannya setidaknya 15 hingga 20 cm dari buah dan sayuran lainnya.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com