Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Hanya Memberi Wortel untuk Makanan Kelinci Peliharaan?

Kompas.com - 24/07/2022, 18:28 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak pemilik kelinci yang memberi makan kelinci peliharaannya dengan wortel karena diyakini sebagai makanan favorit hewan mamalia ini. 

Ditambah, tak jarang foto dan video dalam dunia maya atau kartun kerap menunjukkan kelinci memakan wortel.

Baca juga: Selain Wortel, Ini 3 Jenis Makanan yang Bisa Diberikan pada Kelinci

Tak heran, semakin banyak pemilik kelinci, terutama mereka yang baru pertama kali memelihara kelinci, memberi wortel sebagai asupan utama. 

Namun, apakah aman hanya memberi wortel pada kelinci? Bolehkan memberikan jenis makanan lain untuk kelinci guna memenuhi kebutuhan nutrisinya? 

Baca juga: 8 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Memelihara Kelinci

Manfaat wortel bagi kesehatan kelinci

Makanan adalah salah satu aspek dalam cara merawat kelinci yang tentunya tak boleh dilewatkan. Beberapa makanan kelinci termasuk rumput hay, sayuran, dan pelet.PIXABAY/THOMAS_G Makanan adalah salah satu aspek dalam cara merawat kelinci yang tentunya tak boleh dilewatkan. Beberapa makanan kelinci termasuk rumput hay, sayuran, dan pelet.

Dikutip dari Pet Keen, Minggu (24/7/2022), kelinci bisa memakan wortel dan hampir setiap ras kelinci di dunia akan langsung menyantap wortel saat diberikan. 

Wortel adalah salah satu jenis makanan yang dapat dengan mudah diakses kelinci, terutama kelinci yang hidup di alam liar.

Bahkan di dunia nyata, para petani dan pemilik kebun wortel sering kali menutupi area kebun wortel dengan pagar untuk mencegah kelinci memakannya.  

Baca juga: 9 Fakta Unik Kelinci, dari Suka Wortel hingga Bisa Sebesar Balita

Kelinci dapat memakan semua bagian wortel dengan lahap. Apalagi wortel secara keseluruhan sangat kaya akan berbagai nutrisi.

Wortel tinggi vitamin A, vitamin B6, vitamin K, serat, gula, dan sejumlah kecil dari berbagai macam mineral. Selain itu, akar wortel sangat kaya akan vitamin A yang membuatnya cocok sebagai pelengkap makanan kelinci

Nutrisi ini penting bagi pengelihatan kelinci, sistem kekebalan dan reproduksi, serta kesehatan jantung, paru-paru, dan ginjal kelinci.

Baca juga: Simak, Ini 4 Cara Memilih Kandang Kelinci

Wortel sebagai sumber makanan utama

Ilustrasi kelinci.SHUTTERSTOCK / SOK Studio Ilustrasi kelinci.

Wortel sering kali menjadi sumber makanan utama kelinci, padahal ini tidak boleh. Sebab, seperti disebutkan sebelumnya, wortel memiliki kandungan gula sangat tinggi yang bisa berdampak buruk pada kelinci bila terus-menerus memakannya. 

Disadur dari Pet Helpful, sebaiknya menghindari memberi makan wortel dan selada pada kelinci. Menjadikan keduanya sumber makanan utama kelinci dapat membuat sahabat bulu mati dengan cepat. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Menanam Tomat dan Wortel di Apartemen

Karena itu, perlu mengganti dan memberi sumber makanan lain untuk kelinci. Namun, Anda masih dapat memberikan wortel kepada kelinci sebagai camilan sesekali saja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com