Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan Bersama Apel

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengurangi limbah makanan selalu merupakan ide yang baik. Namun bagaimana cara untuk melakukan hal itu?

Mengetahui produk segar mana yang dapat disimpan bersama dengan aman dan buah serta sayuran apa yang tidak boleh terlalu dekat menjadi salah satu caranya.

Misalnya, dilansir Martha Stewart, Selasa (30/8/2022), apel tidak boleh diletakkan bersamaan dengan bawang, karena menghentikan buah matang terlalu cepat, dan menghilangkan kelembapan.

1. Jauhkan bawang dari apel dan kentang 

Pada akhirnya, memahami jenis produk mana yang dapat dan tidak dapat disimpan dengan aman berdekatan satu sama lain akan memaksimalkan umur panjang makanan Anda.

Menurut John Adler, wakil presiden kuliner di Blue Apron, secara umum, jangan simpan buah atau sayuran sensitif etilen dengan buah atau sayuran yang menghasilkan gas etilen dalam jumlah tinggi. 

Menyimpan bawang dan kentang bersama-sama akan mempercepat proses pematangan kentang, membuatnya tumbuh mata dan terkadang akar.

Ini juga berlaku untuk bawang putih, meskipun kentang, bawang bombay, dan bawang putih harus disimpan di tempat gelap yang sejuk.

Tips penyimpanan apel 

Ada pun beberapa fakta cepat lainnya yang perlu diketahui tentang penyimpanan apel? Jangan meletakkannya dalam mangkuk dengan buah-buahan lain.

Apel dapat disimpan di atas meja, tetapi karena mereka mengeluarkan banyak gas etilen, usahakan untuk menjauhkannya setidaknya 15 hingga 20 cm dari buah dan sayuran lainnya.

Pertimbangkan untuk meletakkan semangkuk apel di atas meja kopi, atau pintu masuk untuk menjauhkan apel Anda dari produk yang sensitif terhadap etilen.

Menurut Adler, ada satu pengecualian untuk ini, jika Anda ingin cepat mematangkan buah meja, seperti pisang, menempatkannya lebih dekat dengan apel di meja akan membantu mereka matang lebih cepat. 

Sementara itu, seperti apel dan pisang, melon menghasilkan etilen, yang dapat menyebabkan terlalu matangnya produk terdekat.

Melon biasanya paling baik disimpan di meja, sampai cukup matang untuk dipotong, dimakan, atau disimpan dalam kemasan tertutup yang akan melindungi buah itu sendiri dan tetangga terdekatnya di kulkas.

Jauhkan kol dari apel, kiwi, dan bawang 

Kembang kol adalah sayuran yang jauh dari kebanyakan buah dan bawang. Adler menyatakan, kembang kol sangat sensitif terhadap etilen, jadi sebaiknya jangan simpan di laci yang sama dengan apel, melon, kiwi, atau bawang.

Kol membutuhkan sirkulasi udara agar tetap segar.

Jika kembang kol Anda berada dalam kantong plastik atau kantong plastik yang dapat dibuat kompos, pastikan bagian atasnya terbuka sehingga dapat bernapas. Itu paling baik disimpan di laci kulkas dengan sayuran lain atau di rak.

Hal yang sama berlaku untuk brokoli, kubis, dan kubis Brussel, yang semuanya sensitif terhadap etilen.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/30/100841976/ini-bahan-makanan-yang-tidak-boleh-disimpan-bersama-apel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke