Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Burung Jantan dan Betina

Kompas.com - 26/07/2022, 18:52 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengetahui jenis kelamin hewan tidaklah mudah, termasuk burung peliharaan. Pasalnya, burung jantan maupun betina memiliki tampilan yang sama seperti warna bulu, wajah, dan bentuk tubuh. 

Bahkan, meski telah lama memelihara burung, cara mengetahui jenis kelamin burung antara burung jantan dan betina membutuhkan pengamatan tajam dan mendetail.

Namun, dilansir dari The Spruce, Selasa (26/7/2022), ada beberapa cara mengetahui jenis kelamin burung seperti dari penampilan dan perilaku sebagai berikut ini. 

Baca juga: Simak, Ini 5 Cara Mencegah Rasa Bosan pada Burung Peliharaan

Perbedaan jenis kelamin burung berdasarkan penampilan

ilustrasi burung kutilang Gouldian. Burung di dekat khatulistiwa lebih berwarna.Unsplash/David Clode ilustrasi burung kutilang Gouldian. Burung di dekat khatulistiwa lebih berwarna.
Banyak spesies burung yang menunjukkan perbedaan antara burung jantan dan burung betina. Dalam kebanyakan kasus, burung jantan memiliki warna bulu lebih cerah dan berani sebagai cara menarik pasangan.

Burung betina biasanya lebih kusam dengan tanda-tanda yang tidak terlalu mencolok sehingga memudahkannya berbaur dengan lingkungan sekitar saat menjaga sarang atau melindungi anak burung

Perbedaan fisik antara burung jantan dan betina paling terlihat selama musim semi atau akhir Maret sampai akhir Juni dan musim kemarau ketika warna cerah menarik pasangan lebih efektif. 

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Tips Memilih Sangkar Burung yang Tepat

Warna-warna berani juga kurang berbahaya pada bulan-bulan musim kemarau ketika burung-burung berwarna-warni masih bisa menyatu dengan bunga dan dedaunan yang cerah.

Untuk beberapa spesies, burung jantan berganti bulu menjadi kurang cemerlang dan lebih tersamar setiap musim gugur atau awal September sampai akhir November, tetapi akan kembali menyegarkan warna cerah bulunya setiap musim semi. 

Berikut cara mengetahui jenis kelamin burung berdasarkan spesies dan warna bulunya; 

  • Burung kardinal utara atau Northern cardinals jantan memiliki bulu berwarna merah cemerlang dan betina berwarna cokelat kemerahan. 
  • Burung bunting lukis atau painted bunting cenderung memiliki jantan berwarna pelangi dan betina berwarna kehijauan monokrom 
  • Banyak burung belibis, puyuh, dan burung pegar jantan memiliki bulu berwarna unik, tetapi betina jauh lebih tersamarkan. 

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memandikan Burung Peliharaan

Ilustrasi burung Budgie (Parkit)Unsplash/Dalton Touchberry Ilustrasi burung Budgie (Parkit)

Untuk beberapa burung, seperti northern flickers atau colaptes auratus memiliki perbedaan bulu antara jantan dan betina jauh lebih halus. 

Burung jantan Colaptes auratus dan betina memiliki punggung bergaris, bagian bawah berbintik, dan oto hitam tebal.

Colaptes auratus jantan mempunyai garis-garis malar berwarna-warni, sedangkan burung betina memiliki wajah polos. 

Baca juga: 5 Makanan Burung Terbaik untuk Musim Dingin

Perbedaan jenis kelamin burung berdasarkan perilaku

Ada banyak spesies burung tidak menunjukkan perbedaan jenis kelamin dengan mudah terlihat antara burung jantan dan betina seperti burung camar, gelatik batu, chickadee, dan banyak burung pipit.

Untungnya, dengan mengamati cermat perilaku burung, dapat memberikan petunjuk tentang jenis kelamin burung. 

Misalnya, burung jantan dapat bermigrasi lebih cepat daripada burung betina sehingga dapat mengintai serta mempertahankan wilayah. 

Baca juga: Kenali, Ini Tanda-tanda Burung Peliharaan Sakit

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com