Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tren Warna Cat Dapur Terbaik Menurut Desainer Interior

Kompas.com - 26/07/2022, 17:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna tak hanya memberikan lapisan pada dinding, tapi juga dapat mengubah suasana ruangan, salah satunya dapur.

Ada banyak perdebatan tentang warna cat dapur terbaik. Beberapa teori mengatakan warna merah hangat membantu merangsang nafsu makan, sementara yang lain menyarankan cat putih bersih  untukmembuat ruangan terlihat lebih bersih. 

Baca juga: 5 Tren Warna Dapur yang Direkomendasikan Desainer Interior

Namun, pada akhirnya, hal terpenting adalah menemukan warna cat dapur yang membuat Anda bahagia saat melangkah ke dapur, terutama bila rutin memasak.

Jika ingin menyegarkan tampilan dapur, tetapi tidak yakin dengan warna apa yang dicari, berikut tren warna cat dapur terbaik dilansir dari Real Simple, Selasa (26/7/2022). 

Baca juga: Warna Apa yang Paling Cocok untuk Plafon Dapur? Ini Penjelasannya

Putih hangat

Ilustrasi dapur putih, ilustrasi dapur minimalis, ilustrasi dapur modern.Shutterstock/Grankin art Ilustrasi dapur putih, ilustrasi dapur minimalis, ilustrasi dapur modern.
Devin Shaffer, desainer interior utama di Decorilla, eksplorasi warna netral adalah tren warna cat dari renovasi dapur terbaru Decorilla dan proyek pembangunan baru. 

Ketika klien dan desainer bosan dengan warna dinding abu-abu dan krem, mereka mulai menemukan cara-cara inventif untuk mempertahankan warna putih hangat. 

Untuk desain dapur putih, Shaffer mengatakan warna cat off-white membuat dapur tidak terlihat terlalu mencolok dan steril. Sementara itu, lemari abu-abu lembut dapat menambah lebih banyak dimensi pada dapur. 

Baca juga: 5 Tren Warna Dapur Terbaik Menurut Desainer Interior 

Merah muda

Jika menginginkan sesuatu yang sedikit lebih segar dan menyenangkan, tetapi tidak berlebihan, Corban De La Vega, Kepala Pemasaran di DecorMatters, merekomendasikan warna cat dapur merah muda atau pink.

"Kami sering melihat warna ini di lemari dapur dan itu menciptakan dapur yang unik," katanya. 

Sage green

Ilustarsi dapur dengan warna cat hijau atau sage green.Shutterstock/ImageFlow Ilustarsi dapur dengan warna cat hijau atau sage green.
Warna hijau lembut ini telah menjadi tren desain interior sekarang ini. Keserbagunaan warna sage green memberikan warna kekuatan abadi yang serius.

"Sage green adalah tambahan sempurna untuk gaya desain apa pun, terutama desain alami, boho, minimalis, dan Skandinavia," imbuh De La Vega.

Warna yang begitu tenang dan bersahaja dapat menciptakan estetika yang tenang serta netral.  

Baca juga: 6 Penyebab Dapur Terasa Kecil dan Terbatas

Terakota

Tren warna cat dapur lainnya adalah terakota. Warna ini sebetulnya sangat bagus untuk ruangan apa saja.

De La Vega mengatakan terakota adalah warna netral, dapat berpadu baik dengan lemari kayu alami, menambahkan tekstur yang menarik ke dapur, dan membantu menghubungkan rumah dengan alam.

"Warna netral yang hangat ini juga cocok dipadukan dengan aksen kulit, hitam, dan putih," ucapnya. 

Baca juga: 6 Ide Dapur Minimalis yang Simpel dan Modern

Moddy blue

Di sisi yang lebih dingin dari spektrum warna, desainer Jessica Nelson, pendiri sebuah firma desain Eponymous, mengatakan kliennya telah mencintai lebih dalam warna moddy blue untuk dapur.

Warna ini dianggap bisa menyatu baik dengan berbagai furnitur yang ada di dapur.  

Baca juga: Jangan Diikuti, 6 Tren Dapur Ini Sudah Ketinggalan Zaman

Hitam

Bagi pencinta gaya modern dan mewah, cocok menerapkan warna cat hitam untuk dapur. Warna cat dapur hitam bisa membuat tampilan ruangan yang ramping dan memberikan kontras besar terhadap ubin marmer di area dapur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com