Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mudah Menciptakan Dapur Bebas Serangga

Kompas.com - 11/07/2022, 15:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki dapur yang dipenuhi serangga tidak hanya membuat kotor dan mengganggu, tetapi juga berisiko buruk pada kesehatan dan pengeluaran menjadi lebih boros. 

Selain itu, serangga juga bisa memasuki ruangan lain di rumah melalui celah-celah pintu. Akibatnya, seiring waktu, serangga menginvasi semua ruangan di rumah.

Dikutip dari Reader’s Digest, Senin (11/7/2022), ada beberapa trik membuat dapur bebas serangga sebagai berikut.

Baca juga: 6 Serangga di Pekarangan Rumah yang Tidak Boleh Dibasmi

Simpan bahan pangan dalam wadah

Ilustrasi menyimpan bumbu dapur di stoples, lalu diletakkan di lemari dapur. PEXELS/ Monicore Ilustrasi menyimpan bumbu dapur di stoples, lalu diletakkan di lemari dapur.

Jika memiliki bahan pangan yang masih tersimpan di dalam bungkusnya, entah itu beras atau tepung, sebaiknya pindahkan ke dalam wadah plastik atau kaca dengan penutup. 

Sebab, kemasan yang belum terbuka pun bisa dimasuki serangfa. Cara ini juga ampuh mencegah serangga memasuki area lain seperti tempat sampah. 

Baca juga: Boros Listrik? Ini 6 Cara Menciptakan Dapur Hemat Energi

Langsung membersihkan remah makanan

Remah makanan sekecil apa pun serta tumpahan dari cairan apa pun, harus segera dibersihkan sesaat setelah makanan dan minuman mengotori permukaan dapur.

Gunakan spons atau kain lap lembap yang telah dicelup ke dalam air sabun. Bisa pula menggunakan semprotan disinfektan untuk proses pembersihan yang lebih cepat. 

Jangan lupa membersihkan dapur secara rutin dengan menyapu dan mengepel lantai serta menyeka semua permukaan, termasuk meja dapur dan rak penyimpanan.

Baca juga: Waspada, 4 Serangga Ini Dapat Hidup di Kasur

Rapikan lemari dapur

Ilustrasi lemari dapur atas, lemari gantung dapur. PEXELS/MAX VAKHTBOVYCH Ilustrasi lemari dapur atas, lemari gantung dapur.
Cindy Mannes, Vice President of Public Affairs di National Pest Management Association (NPMA), Amerika Serikat (AS), mengatakan lemari dapur perlu dirapikan dan dibersihkan secara berkala.

Caranya, keluarkan semua isinya untuk memudahkan proses pembersihan serta memastikan tidak ada serangga apa pun yang bersembunyi di dalamnya.

“Saat merapikan lemari dapur berisi bahan pembuat kue, penting memeriksa tanggal kadaluwarsa dan memastikan kemasannya tidak rusak,” ujar Mannes. 

Baca juga: 6 Keuntungan Memiliki Dapur Serba Putih

Segera makan buah dan sayuran

Meletakkan buah dan sayuran segar begitu saja di dapur dapat menarik lalat buah, terlebih bila dibiarkan terlalu lama. 

Periksa secara rutin apakah buah dan sayuran terlalu matang, adanya tanda-tanda pembusukan, atau sebaiknya menyimpannya di dalam kulkas.

NPMA mengungkapkan, lalat buah betina dapat bertelur rata-rata 500 telur pada permukaan buah yang difermentasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com